Pemkot Ambon Akan Luncurkan KAS

AMBON,MR.- Pemerintah kota Ambon melalui Dinas Kesehatan kota Ambon, dalam waktu dekat akan meluncurkan Kartu Ambon Sehat (KAS) yang dibiayai secara langsung oleh APBD bekerjasama secara langsung dengan BPJS Kesehatan. Kata  Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy kepada wartawan di ruang kerjanya (18/01)

Pelupessy menjelaskan, dalam waktu dekat, Pemerintah kota Ambon dalam hal ini wali kota Ambon akan menyerahkan kartu tersebut kepada masyarakat yang dikategorikan miskin dengan jumlah total penerima 7500 jiwa.

Menurutnya, Sumber data jiwa peserta yang penerima adalah atas kerjasama Pemkot dengan BPJS Kesehatan, karena BPJS juga memiliki data tentang keluarga miskin, termausk juga bantuan teman-teman puskesmas yang melakukan pendataan secara langsung pada lokasi tempat tinggal, dengan melakukan survei.

“Petugas turun langsung di masyarakat dan melakukan survei, agar dapat diketahui secara pasti masyarakat, sehingga kartu yang dibagikan, benar-benar tepat sasaran yakni kepada keluarga miskin,” Ucap Pelupessy.

Dengan demikian masyarakat penerima KAS dapat melakukan pengobatan secara gratis pada setiap layanan kesehatan, namun jika kondisi penyakitnya parah dan harus dirujuk, tidak dibiayai oleh ABPD karena tidak terkafer. sehingga akan ditanggung sendiri oleh masyarakat.

Diharapkan  tahun 2019 nanti seluruh masyarakat miskin di  kota Ambon sudah terkafer dengan asuransi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). (MR-06)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *