Senin, KPU Maluku Jadwalkan Penetapan Cagub-Cawagub 

AMBON,MRNews.com,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku menjadwalkan akan melakukan penetapan pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Maluku periode 2018-2023 pada Senin, 12 Februari 2018 nanti. Hal ini terjadi, setelah pleno rekapitulasi dukungan perbaikan verifikasi faktual pasangan calon dari jalur perseorangan tuntas dilaksanakan, Minggu 11 Februari 2018.

“Kita jadwalkan Senin, 12 Februari akan dilakukan pleno KPUD Maluku untuk penetapan pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Maluku. Sehari kemudian, akan dilakukan pengambilan nomor urut pasangan calon yang direncanakan di Swissbel-hotel dan momentum itu wajib dihadiri calon tanpa perwakilan atau penghubung,” tandas Ketua KPUD Maluku, Syamsul Rifan Kubangun kepada media di kantor KPU Maluku, Sabtu (10/2).

Sementara itu, KPU Maluku sudah mulai pleno hasil rekapitulasi dukungan perbaikan verifikasi faktual pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Maluku dari jalur perseorangan, Herman Koedoeboen-Abdullah Vantah atau dengan akronim HEBAT, di kantor KPU Maluku, Sabtu (10/2). Dari data sementara yang didapat media ini, baru 8 kabupaten/kota yang tuntas perhitungannya. Artinya masih tersisa tiga kabupaten/kota yang belum direkapitulasi hasil dukungannya.

Dari 8 kabupaten/kota, hasilnya kota Tual pasangan HEBAT mengantongi dukungan yang memenuhi syarat (MS) sebesar 1.623. Untuk Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), didapat 5.279 dukungan MS, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) 9.162, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) 4.469 dukungan MS.

Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) yang merupakan basis Abdullah Vanath, dukungan MS pasangan HEBAT mencapai 11.149. Kabupaten Kepulauan Aru menjadi penyumbang dukungan terbesar bagi Kodoeboen-Vanath dengan 21.473. Adapun Kota Ambon dukungan MS capai 5.047 dan Kabupaten Buru dengan hanya 9 dukungan MS.

“Sementara dari 8 kabupaten/kota yang sudah diplenokan KPUD Maluku, hasil rekapitulasi dukungan memenuhi syarat (MS) dari calon perseorangan, maka jumlahnya adalah 58.211,” tandas Kubangun.

Dengan demikian ditambahkanya, tersisa tiga kabupaten yang besok akan diplenokan yaitu Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Kabupaten Buru Selatan (Bursel) dan Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB). Selanjutnya, pada Senin 12 Februari akan dilakukan penetapan pasangan calon oleh KPU.

“Setelah tiga kabupaten itu selesai, maka Seninnya KPUD akan menggelar pleno untuk menyampaikan hasil verifikasi berkas sekaligus penetapan pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Maluku periode 2018-2023,” tutupnya.

Seperti diketahui, adapun dua (2) kontestan Cagub-Cawagub Maluku lain yang menunggu penetapan KPU Maluku yakni pasangan Said Assagaff-Andre Rentanubun (SANTUN) dengan usungan dari tiga partai masing-masing Partai Golkar, Demokrat dan PKS plus PBB selaku partai pendukung. Sementara Murad Ismail-Barnabas Orno (BAILEO) diusung PDI Perjuangan, Gerindra, NasDem, Hanura, PKB, PPP, PAN, dan PKPI ditambah Perindo selaku parpol pendukung. (MR-05)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *