Sesmenkop-UKM Bakal Hadiri Peringatan Harkopnas di Ambon

AMBON,MRNews.com,- Sekretaris Kementerian (Sesmen) Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (K-UKM), Rully Indrawan direncanakan menghadiri peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-72 tahun 2019 di Kota Ambon pekan depan, Jumat (19/7/19) yang diselenggarakan Dinas Koperasi (Dinkop) dan UKM Kota Ambon.

Kepala Dinkop dan UKM, Marthen Keiluhu kepada awak media di Ambon, Jumat (12/7) mengatakan, rencana peringatan Harkopnas oleh Dinkop dan UKM Kota Ambon pada 19 Juli mendatang yang akan dihadiri langsung Sesmenkop dan UKM, Rully Indrawan dan berlangsung di Hall Ambon City Center (ACC), Desa Passo, Kecamatan Baguala.

Pada momentum itu pula sebutnya, akan juga dilakukan pameran yang diikuti kurang lebih 60 sampai 100 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Ambon. Akan ada pula panggung live musik untuk menghibur seluruh pengunjung pameran dan warga kota yang terlibat pada moment bersejarah itu. Serta dilangsungkan juga lomba kuliner khas daerah Maluku (Kudapan).

“Acara seremonial Harkopnas akan dilakukan di hall ACC sesuai jadwal. Rangkaiannya ada pameran yang akan diikuti 60-100 UMKM, panggung live musik, lomba kuliner khas daerah Maluku (kudapan). Tujuannya adanya kegiatan itu selain mengenalkan dan mencintai kudapan Maluku, adanya panggung bagi pelaku UMKM memasarkan produk usahanya ke publik tetapi juga dari keseluruhan acara kita ingin mendekatkan koperasi dan UKM di hati semua masyarakat. Ini momentum tepat membumikan koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan,” tukas Keiluhu.

Pelaksanaan Harkopnas ke-72 di Kota Ambon tambah Keiluhu, rangkaian kegiatan yang disiapkan panitia dimulai dengan aksi bersih lingkungan di kawasan Jembatan Merah Putih (JMP) pada hari Rabu (10/7), ziarah makam dan tabur bunga di taman makam pahlawan (TMP) Kapahaha, Tantui dengan komunitas koperasi di Ambon, serta kunjungan sosial ke panti sosial Inakaka, Passo telah dilakukan dengan baik dan lancar. Tinggal puncaknya pada pekan depan.

Diketahui, puncak peringatan Harkopnas ke-72 tahun 2019 akan diadakan di Purwokerto, Kabupaten Banyumas Jawa Tengah hari ini dan rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo. Harkopnas kali ini mengusung tema “Revolusi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0”. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *