by

Pemkot Ambon & Vlissingen Perbaharui Kerjasama

-Kota Ambon-38 views

Vlissingen,MRNews.com,- Dalam upaya memperbaharui kerjasama Sister City Ambon-Vlissingen, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melakukan kunjungan ke Pemkot Vlissingen. Pembaharuan kerjasama antara kedua kota tersebut dicetuskan melalui penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dalam bidang kesehatan, bidang promosi kebudayaan dan pariwisata serta peningkatan sumber daya manusia (Pendidikan).

Dalam kunjungannya, Walikota Ambon Richard Louhenapessy bersama tim termasuk dua pimpinan DPRD Ely Toisuta dan Rustam Latupono disambut Walikota Vlissingen Bas Van den Tillaar, Wakil Walikota Albert Vader serta Yayasan SSVA, Rabu waktu Belanda, (11/12/19).

Pada kesempatan tersebut Walikota Ambon menyatakan, Ambon-Vlissingen memiliki sejarah kerjasama yang cukup lama dengan SSVA, karenanya diharapkan kerjasama ini terus terbangun dengan baik.

“Saya menyadari kita bisa terus perbaharui MoU agar apa yang bisa dilihat dapat dirancang dan diperbaiki. Intinya sama seperti yang dibuat sebelum ini hanya kita harus ikuti format yang disampaikan Kemendagri. Agar semua Sister City memiliki keseragaman format sehingga dengan mudah dapat dipantau sejauh mana perkembangan yang telah dilakukan,” akuinya.

Walikota kemudian mencontohkan kerjasama antara Ambon-Vlissingen, Jakarta-Roterdam, Ambon-Darwin, Ambon-Tokyo yang harus diseragamkan format kerjasamanya. Sebab, selama ini penilaian kementerian banyak Sister City yang hanya sampai pada euforia tetapi tidak ada langkah lanjutan atau aktivitas yang menunjukkan peran sebagai Sister City.

“Bahkan Kementerian Kesehatan, Kemenlu, Kemendagri memberikan support yang luar biasa atas hubungan kerjasama antara Ambon-Vlissingen. Bahkan Kedutaan Indonesia di Belanda turut memberi apresiasi karena ini merupakan nilai plus bagi kinerja mereka sebagai perwakilan KBRI,” imbuh Louhenapessy.

Ditambahkan, masyarakat Kota Ambon sangat berterima kasih kepada Pemkot Vlissingen atas kerjasama yang selama ini dilakukan. Sebab masyarakat memperoleh efek positif dari kerjasama tersebut. “Dan bagi saya, ini peran SSVA dalam upaya menjaga hubungan ini tetap berlangsung dengan baik,” paparnya lagi.

Sementara, Walikota Vlissingen Bas Van den Tillar mengatakan kerjasama antara Ambon-Vlissingen sangat berbeda sebab ada aktivitas yang mengikutinya. Dan tentu Sister City lainnya mesti belajar dari kedua kota beda negara yang sudah jadi satu keterikatan.

“Format MoU bisa berubah tetapi isi MoU harus tetap sama sebab terpenting bukan yang tertulis diatas kertas tetapi implementasi kerjasama melalui sharing informasi antara keduanya. Disadari banyak kota saudara hanya diatas kertas saja. Banyak yang tidak aktif dengan datang untuk penandatangan MoU. Namun, Pemkot Ambon telah berusaha membangun hubungan yang keras lewat kerjasama ini dengan baik bersama SSVA, Kedutaan serta Pemkot Vlissingen,” ucapnya mengapresiasi. (MR-02/MC)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed