Bantuan Kodam XVI/Pattimura ke Suku Terasing, Berlanjut

AMBON,MRNews.com,-  Kodam XVI/Pattimura kembali mengirimkan bantuan kemanusiaan (makanan dan minuman) bagi suku terasing Mausu Ane di hutan Seram, Gunung Morkelle, Kecamatan Seram Utara Timur, Maluku Tengah. Bantuan tersebut dikirim melalui Koramil 1502-05/Wahai dipimpin langsung Danramil 1502-05/Wahai, Kapten Cba La Ode Maaruf bersama 8 anggotanya Selasa (24/7), di camp sekitar Dusun Siahari Negeri Maneo Rendah Kecamatan Seram Utara Timur, Kobi, Kabupaten Maluku Tengah.

Dalam rilis bagian Penerangan Kodam XVI/Pattimura (Pendam 16) kepada media ini, Rabu (25/7), Danramil 1502-05/Wahai Kapten Cba La Ode Maaruf menuturkan, bantuan kemanusiaan tersebut guna membantu mengurangi beban hidup masyarakat Suku Mausu Ane yang berdasarkan informasi mengalami musibah kelaparan. Selain bantuan berupa makanan, Kodam XVI/Pattimura  juga mengirimkan obat-obatan dan sembako bagi warga di suku Mausu Ane.

“Hentakan hati/kepedulian Koramil Wahai untuk membantu masyarakat Suku Mausu Ane sangat tinggi. Mereka tergerak langsung menuju sasaran tempat tinggal Suku Mausu Ane, meski hanya mendapatkan 3 Kepala Keluarga dengan membawa bantuan sementara itu. Kami juga merangkul masyarakat Suku Mausu Ane untuk mau turun dan terbuka menerima bantuan-bantuan yang mulai berdatangan baik dari Pemerintah, TNI-Polri maupun yang lain bisa diterima langsung,” tandas Danramil.

Dijelaskan juga, Kasdim 1502 /Masohi Mayor Inf Adi Eka Jaya beserta tenaga medis Bintara Kesehatan Kesdam XVI/Pattimura Srd Agus Teguh , Anton Kattipana selaku Kepala Dusun Siahari, Para Babinsa Koramil 1502-05/Wahai dan 5 orang anggota Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXV Kodim 1502/Masohi Koramil 05 /Wahai, telah tiba di lokasi Dusun Siahari, Desa Morokay, Kec Seram Utara Timur Kobi, Maluku Tengah, guna menyerahkan Logistik Kodam XVI/Pattimura dan diberikan kepada Ruben Halimuri selaku perwakilan/penerjemah Suku Mausu Ane.

“Selama ini kami merasakan belum pernah ada bantuan seperti ini. Kami selaku warga suku Mausu Ane tidak dapat memberikan apa-apa untuk membalas kebaikan Kodam XVI/Pattimura. Kami hanya bisa memberikan do’a untuk Kodam XVI/Pattimura semoga tetap sukses dalam melaksanakan tugas negara,” kata Ruben Halimuri.

Dikatakan, langkah-langkah tim medis Kodam XVI/Pattimura setibanya di lokasi yakni segera melakukan pemerikasaan dan pengobatan kepada salah satu warga suku Mausu Ane yaitu Piter Ipana, (38) yang terserang penyakit muntaber akibat mengkomsumsi air sungai yang tidak layak konsumsi. Selanjutnya segera diberikan penanganan cepat dan memberi obat-obatan.

“Bekangdam XVI/Pattimura sore ini juga telah mengirimkan 47 paket sembako menggunakan kapal cepat menuju Kota Masohi untuk ditindaklanjuti dengan perjalanan darat menuju lokasi. Rencananya besok, Kamis (26/7) pagi, Kodam XVI/Pattimura akan mengirim sisanya menggunakan helikopter bersama Pangdam XVI/Pattimura yang akan menyambangi langsung lokasi dimana suku tersebut berada,” kata Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Arm Sarkistan Sihaloho. (MR-02/Pendam16)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *