Sonsong HPSN 2018, Pemkot Ambon Berjibaku Bersihkan Sampah di Laut

Ambon, MRn25news.com – Sebagai wujud dukungan dalam rangkaian memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun  2018 , kota Ambon menggelar bersih laut di kawasan Tapal Kuda, Air Salobar, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon (9/02) dengan mengikutsertakan tim penyelam dari Lantamal IX Ambon, tim penyelam dari satuan Bakorkamla Zona Maritim Timur, Badan SAR Nasional Ambon, Pol Air Polda Maluku, Brimob Polda Maluku, LIPI Ambon, Dinas Perikanan Maluku, Balai Konservasi Sumber Daya Alam Maluku, Kantor Syahbandar Pelabuhan Ambon, Tim penyelam dari kantor Kesehatan Pelabuhan kelas II Ambon, Komunitas Green Moluccas, Pardidu Dalam Aer,Indorunner Ambon, Komunitas Blumotion, dan komunitas Maluku Driver.

Sekretaris kota Ambon, AG Latuheru dalam menyampaikan sambutan Wali Kota Ambon,Richard Louhenapessy menyatakan, sampah telah menjadi permasalahan nasional. sehingga pengelolaannya perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu, agar memberikan manfaat secara ekonomi dan sehat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan, serta dapat mendukung terbentuknya perilaku masyarakat yang berwawasan lingkungan.

Dikatakan, pelaksanaan bersih-bersih sampah telah dilakukan sudah menasuki minggu ketiga,dengan membersihkan sampah pada kedalaman lima meter

guna membebaskan terumbu karang dari sampah plastik. termasuk juga aksi bersih di pemukiman, kantor, terminal,sungai dan laut.

HPSN 2018 yang digelar memiliki sorotan tema “Sayangi bumi, bersihkan dari sampah” dan tagline Bersih juga bisa kok” memberikan makna yang mendalam untuk menjaga dan melestarikan bumi tempat hidup, sebagai warisan bagi anak cucu, guna mewujudkan kota Ambon bebas sampah tahun 2025.

Diharapkan, momentum ini dapat menginspirasi untuk menyayangi bumi dan menjadikan diri sebagai pola anutan agar lebih peduli dalam menjaga lingkungan bersih dari sampah (MR-06)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *