by

Harga Ikan melonjak, Pengelola Coldstorage Wajib Supply Ikan 25 Persen ke Pasar Lokal

AMBON, MRnews.com – Seluruh pengelola Coldstorage yang ada di kota Ambon, wajib hukumnya untuk mensupply dua puluh lima persen stok ikan dari total keseluruhan stok yang ada ke pasar lokal di Ambon, dengan maksud agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Kota ini sementara digiring untuk menjadi kota ikan, tidak mungkin karena harga ikan malonjak di pasar tradisional, lantas masyarakat sulit memperoleh ikan, salah satu kebijakan yang diambil adalah setiap pengelola coldstorage, wajib untuk mensupply ikan ke pasar lokal,” Demikian ungkap Plt. Kepala Dinas Perikanan kota Ambon, Steven Patty kepada MimbarRakyatNews.Com (9/02)

Dijelaskan, kesepakatan ini telah diketahui oleh seluruh pengelola coldstorage yang ada di kota ini. yang tertuang dalam Memorendum of Understanding (MoU) bersama pengelola coldstorage yang ada di kota ini

“Kita punya tiga pengelola, yang saat ini masih tetap aktif, kita sudah buat kesepakatan dengan merekam melalui MoU yang ditandatangani bersama,” cetusnya.

Lanjut Patty, Pekan lalu, saat harga ikan di pasar lokal melonjak naik, pihaknya melakukan operasi pasar, memang ditemukan harga ikan naik, dikarenakan stok ikan di pasar memang kurang, ternyata saat dicek ke nelayan lokal, justru hasil tangkapan ikan di laut juga hanya sedikit, ditambah lagi dengan kondisi cuaca turut mempengaruhi. saat dicek langsung ke Coldstorage, ternyata pengelola juga tidak memiliki stok ikan

ada tiga coldstorage yang ada di kota Ambon tetapi untuk saat ini, dari hasil operasi pasar yang dilakukan ternyata memang ikan di pasar itu sangat sedikit, tetapi juga ketersediaan stok dalam coldstorage juga memang tidak ada lagi.sehingga tidak dapat disupply ke pasar lokal.

kedepan diarahkan agar pengelola coldstorage sudah harus mempersiapkan bapperstok, mengingat dalam kondisi cuaca tertentu hasilĀ  tanggakapn ikan sangat banyak, tetapi dalam kondisi tertentu juga ikan justru sedikit.

“Kita arahkan agar kedepan nanti, pengelola sudah menyiapkan bapperstok, untuk menjaga kemungkinan, lantaran pada bulan-bulan tertentu ikan banyak, dan setelah musim timur, pasti nelayan kecil juga sulit mendapatkan ikan, nah pengelola Coldstorage yang ada ini, nantinya akan kita arahkan untuk melempar stok ikan ke pasar. sehingga masyarakat juga dapat menikmati ikan meskipun pada saat itu memang ikan sulit diperoleh. (MR-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed