by

Camat Leitisel Protes Penyelenggara FPL B2SA & Lomaser Ikan

-Kota Ambon-93 views

AMBON,MRNews.com,- Camat Kecamatan Leitimur Selatan (Leitisel), Ricky Sopacua memprotes penyelenggara festival pangan lokal (FPL) beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) dan lomba makan serba (Lomaser) Ikan tingkat Kota Ambon yakni Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP), Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) serta Tim Penggerak PKK.

Pasalnya, Sopacua menilai, saat final lomba yang diikuti lima kecamatan, seakan ada ketidakadilan didapat pihaknya dan merasa dirugikan. Manakala seharusnya tiap kecamatan hanya menyertakan satu perwakilan yang telah menang di tingkat kecamatan, tetapi faktanya lain dimana kecamatan Sirimau dan Baguala mengirim lebih dari satu wakil yaitu dua. Artinya penyelenggara tidak adil.

“Kalau tahu model bagini, kecamatan Leitisel tidak ikut serta tahun depan. Awalnya khan sudah dibilang satu perwakilan tiap kecamatan yang juara, tapi pas beta masuk ruangan lomba, ada meja enam artinya peserta lebih. Cek ternyata benar. Leitisel cuma kirim satu peserta dan itu ikut alurnya. Ini tidak adil namanya. Kalau mau adil, bilang satu peserta yah satu peserta saja. Bukan karena Leitisel tidak dapat juara pada dua kategori itu, tapi ini soal adil,” kesal Sopacua kepada media di balai pertemuan nelayan PPN Tantui, Kamis (27/6/19).

Ditanya soal hal ini, Kabid Ketahanan Pangan DPKP Kota Ambon, Vivi mengaku, tidak ada larangan untuk kecamatan manapun mengirim lebih dari satu wakil dan itu sudah disampaikan saat technical meeting. “Tidak ada larangan, silahkan yang mau kirim lebih. Karena kalau ada yang lebih dan merasa mampu buat olahan, tidak masalah. Karena itu soal inovasi olahan,” tukas dia.

Kepala DKP kota Ambon Steven Patty menambahkan, penyelenggara bukan tidak berlaku adil, tapi sudah disampaikan bahwa untuk peserta terbuka lebih dari satu, sebanyak mungkin asalkan mampu mendrive. “Sudah kita sampaikan, buka seluasnya bagi yang mau kirim lebih dari satu peserta. Tidak ada batasan dan di technical meeting itu disampaikan. Jadi bukan soal adil atau tidak, hanya mungkin miss persepsi atau informasi,” tukas Patty.

Diketahui, kedua lomba tersebut untuk tingkat kota Ambon tahun 2019 dimenangkan oleh perwakilan Kecamatan Baguala, disusul Kecamatan Sirimau dan Kecamatan Teluk Ambon. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed