by

Hari Ini, Pemkot Bagi Sembako ke 7000 Warga Misbar di Ambon

AMBON,MRNews.com,- Mulai hari ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mulai melaksanakan pembagian bantuan sembilan bahan pokok (Sembako) kepada kurang lebih 7000 keluarga yang dikualifikasi berpotensi miskin baru (Misbar) sebagai akibat dampak pandemi Covid-19.

“Pemkot hari Senin kita mulai melaksanakan kegiatan pembagian bantuan sembako kepada keluarga-keluarga miskin baru sebagai akibat dampak pandemi Covid-19. Tiga sampai empat hari kita target tuntas,” kata Walikota Ambon Richard Louhenapessy kepada awak media.

Kelompok-kelompok masyarakat yang masuk kategori miskin baru, artinya kata Louhenapessy, mereka yang sama sekali tidak masuk dalam daftar penerima bantuan program keluarga harapan (PKH), tidak dapat kartu sembako dan tidak dapat bantuan langsung tunai (BLT).

“Itu yang kita inventrasir dia. Sementara ketiga tipe bantuan itu data seluruhnya terakurasi di kementerian sosial. Dari catatan kita, sementara ada 6050 keluarga penerima. Saya prediksi mungkin ada 6500-7000 keluarga,” jelasnya di Balaikota, Jumat (17/4).

Meski masih beberapa desa belum menyampaikan data, tapi dia mengaku tak bisa menunggu dan akan jalan dengan data yang ada.

“Tidak bisa tunggu. Tetap kita eksekusi dengan data yang masuk dulu. Bantuan akan berlangsung antara tiga-empat bulan namun tergantung kondisi yang ada,” tukasnya.

Lebih jauh kata Louhenapessy, sasaran penerima bantuan Sembako misalnya buruh-buruh, sopir, tukang ojek, pekerja serabutan, pekerja harian lepas, tukang becak, pedagang asongan. Mereka tersebar dilima kecamatan.

“Semua sudah diinventrasir. Mereka ini yang menjadi perhatian pemerintah. Nanti kita akan atur secara teknis karena datanya sudah ada. Nanti kita akan drop lewat kelurahan-kelurahan. Tapi juga kita melaksanakan operasi pembagian sembako,” bebernya.

Selain itu, dari dana desa (DD) dan sesuai konfirmasi, bisa hemat sekitar 12,2 miliar yang juga akan diperuntukan untuk membantu masyarakat terutama di desa.

“Diperkirakan ada 6700 keluarga bisa dibantu dari DD. Jadi dana Pemkot ditambah DD digabung lalu kita akan bantu dalam bentuk bantuan Sembako,” tutupnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed