by

Suksesi Kongres AMGPM, HL: Majunya Sairdekut Tak Terkait Urusan Politik

-Maluku-982 views

AMBON,MRNews.com,- Suksesi Kongres ke-XXIX AMGPM yang sementara berjalan di Klasis Pulau Ambon Utara turut menarik perhatian anggota DPR RI dapil Maluku Hendrik Lewerissa (HL)

Sebagai kader Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM), HL berharap suksesi kepemimpinan di AMGPM dapat berlangsung sesuai dengan mekanisme yang telah diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga AMGPM.

“Meskipun AMGPM adalah organisasi kemasyarakatan pemuda, tetapi tumpuan basis kader AMGPM yaitu warga GPM. Sehingga proses suksesi kepemimpinan dalam forum Kongres diharapkan dapat berlangsung secara gerejawi dengan mengedepankan tradisi dan nilai nilai yang diajarkan Gereja,” harap HL.

Siapapun yang akan terpilih sebagai Ketua Umum PB AMGPM lima tahun kedepan diakui, sebagai sosok kader yang memang dikendaki forum Kongres yang terhormat itu.

Namun selaku kader, HL tidak melihat dikotomi calon Ketua Umum PB AMGPM yang berasal dari latar belakang Pendeta dan non Pendeta sebagai sesuatu yang konstruktif bagi tumbuh kembangnya AMGPM kedepan.

“Kalau ada kader dari latar belakang Pendeta memenuhi kriteria dasar leadership yang baik seperti kompetensi teknis organisasi, kapasitas intelektual dan integritas personal mumpuni, memiliki kecakapan komunikasi lintas komunitas handal serta punya visi-misi yang progresif memajukan AMGPM, kenapa tidak bisa menjadi Ketua Umum,?,” tanya dia.

Demikian juga sebaliknya, kalau ada kader AMGPM dari background non Pendeta, kenapa tidak juga bisa menjadi Ketua Umum PB AMGPM ? Apa yang salah ?,” sambung HL saat menghubungi media ini, Selasa (27/10).

Bagi HL, dirinya perlu memberi catatan ini terkait beredarnya informasi non formal yang beredar diruang publik terkait niat mencalonkan diri Melkianus Sairdekut (Eky), yang saat ini menduduki jabatan Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku.

HL lantas meminta siapapun tidak melihat Sairdekut sebagai kader partai, sebab tidak relevan sudut pandang itu. Namun Sairdekut harus dilihat sebagai kader AMGPM dan warga GPM yang setia dan memiliki komitmen bergereja yang kuat.

“Karena itu jika yang bersangkutan ingin mencalonkan diri sebagai calon ketua umum PB AMGPM, ada yang salah ka? Kan tidak. Sebagai pimpinan partai GERINDRA di Maluku, saya tidak mungkin melarang saudara Eky Sairdekut untuk maju dalam kontestasi organisatoris AMGPM karena itu hak yang bersangkutan selaku kader AMGPM dan warga GPM,” tegasnya.

Majunya Sairdekut bahkan diakui HL, tidak ada sangkut pautnya dengan urusan politik.

“Tidak benar, kalau majunya Sairdekut karena didorong-dorong partai GERINDRA, info itu salah dan menyesatkan. Sebagai sesama kader AMGPM, saya hanya sarankan Eky untuk patuh dan tunduk pada mekanisme dan aturan AMGPM, apapun hasil keputusan Kongres nanti,” jelasnya.

Kalaupun terpilih menjadi Ketua Umum, lanjutnya, laksanakan amanah Kongres secara bertanggungjawab, bekerja keras dan buktikan bahwa AMGPM akan lebih maju dibawah kepemimpinannya dan jangan pernah berniat menjadikan AMGPM sebagai basis tumpuan untuk kepentingan politik praktis karena hal itu salah dan tidak gerejawi.

“Faktanya juga kan membuktikan terpilihnya Sairdekut sebagai Anggota DPRD Maluku dari daerah pemilihan Kepulauan Tanimbar-MBD 3 (tiga) periode berturut-turut bukan karena menduduki jabatan pucuk pimpinan di AMGPM kan?. Tapi kalau tidak terpilih, tetaplah loyal dan terus mengabdi untuk kemajuan AMGPM,” pesan HL bagi Sairdekut. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed