by

Spirit Perjuangan Kapitan Pattimura Dimata Pattimura Muda

AMBON,MRNews.com,- Spirit perjuangan Thomas Matulessy atau Kapitan Pattimura 204 tahun lalu bagi Indonesia dan tanah Maluku khususnya, dapat dinikmati hasilnya oleh masyarakat dibumi Raja-raja saat ini meski belum seutuhnya.

Akan tetapi, semangat perjuangan Pattimura yang mengangkat senjata melawan penjajah untuk bebas dari penindasan harus terwarisi kepada anak cucu, Pattimura-Pattimura muda Maluku dalam perjuangan dimasanya.

Dimata Komadan Kodim (Dandim) 1504/Ambon Kolonel Inf Dominggus CA Soumokil, Kapitan Pattimura boleh mati. Tapi Pattimura-Pattimura muda Kota Ambon dan Maluku umumnya akan bangkit dan terus ada untuk meneruskan perjuangannya.

“Katong samua, tidak boleh satu atau dua orang saja. Semua harus bekerjasama untuk membangun ini negeri Maluku. Kalau hanya satu atau dua orang saja, maka tidak ada rasa cinta dan balas jasanya terhadap Kapitan Pattimura,” tandas Soumokil usai renungan suci mengenang 204 tahun perjuangan Kapitan Pattimura, Jumat (14/5).

Pattimura-pattimura muda saat ini sebutnya, harus tahu bahwa orang tetua telah berjuang untuk menjadikan Ambon, Maluku negeri yang mandiri, bebas, berkreativitas serta berdiri diatas kaki sendiri.

“Sekarang katong punya kewajiban untuk itu. Mewujudkan Kota Ambon dan Pulau-pulau Lease ini yang betul-betul bisa menjadi contoh bagi daerah-daerah lain di Indonesia dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” harapnya.

Sementara bagi Sizy Mailoa, siswa kelas IX SMP Negeri 4 Ambon, dirinya percaya, anak-anak Maluku sebagai Pattimura muda bisa mewujudkan Maluku yang lebih baik, maju dan berkembang sebagaimana yang jadi nilai dan semangat perjuangan Kapitan Pattimura 204 tahun lalu.

“Tentu dengan belajar pandai agar meraih kesuksesan, memiliki tekad kuat dan kerja keras. Dengan begitu kita bisa membangun Ambon dan Maluku setara dengan daerah lain di Indonesia, berdiri diatas kaki sendiri dan membanggakan nama Ambon, Maluku ke kancah nasional bahkan internasional,” demikian Mailoa. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed