by

Sekkot: Arsip Sangat Penting Bagi Pemerintahan

-Kota Ambon-148 views

AMBON,MRNews.com,- Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon A.G. Latuheru mengakui, arsip dipandang sangat penting bagi pemerintahan untuk meningkatkan wawasan pengetahuan keahlian dan keterampilan di bidang tata kelola. Selain itu, perlu adanya satu presepsi yang jelas dalam pelaksanaannya yang mengacu pada pola tata kelola kearsipan yang tepat dan prosedural.

“Upaya awal dalam tata kelola kearsipan yaitu bagaimana dilakukannya langkah-langkah pola pemberkasan arsip yang tepat dan akurat oleh pengelola arsip dalam setiap perangkat daerah,” ujar Sekkot saat membuka bimbingan teknis (Bimtek) pemberkasan arsip tahun 2019 oleh bagian tata usaha pimpinan pemerintah kota (Pemkot) Ambon di Hotel Marina, Selasa (27/8/19).

Dengan memperhatikan begitu pentingnya tata kelola kearsipan secara tepat dan benar menuju budaya tertib arsip di lingkungan Pemkot Ambon maka menurut Latuheru, perlunya tata kelola kearsipan yang harus sesuai dengan peraturan kepala arsip nasional Republik Indonesia nomor 38 tahun 2015 tentang pengawasan kearsipan. Ini dimaksudkan untuk mendapatkan satu persepsi yang sama tentang pengelolaan arsip bagi pengelola arsip dalam tensinya membangun pemerintahan yang rela formatif dan birokratif.

“Ini tujuannya untuk memberikan pemahaman yang baik dan benar tentang kearsipan kepada seluruh aparatur yang mengelola tata kelola persuratan dan kearsipan pada tiap-tiap perangkat daerah, kecamatan, kelurahan di lingkup Pemkot Ambon,” akui mantan sekretaris DPRD kota Ambon.

Artinya tambah Latuheru, dapat dikatakan pula pengelolaan kearsipan sangat menentukan maju dan mundurnya suatu institusi karena kaya miskinnya informasi tergantung dari sedikit banyaknya arsip yang tercipta, tertata dan tersimpan diinstansinya secara akurat.

“Semoga materi yang disampaikan para narasumber dapat menjadi bekal dan pengetahuan untuk menjalankan tugas pokok dan fungsi serta tanggung jawab di setiap OPD, kecamatan dan kelurahan masing-masing,” demikian Latuheru. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed