by

Kondisi Wagub Membaik, Meski Swab Kedua Masih Positif

AMBON,MRNews.com,- Meskipun hasil Swab tes kedua Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno masih positif Covid-19, namun kondisi terkini orang nomor dua di Maluku itu terbilang baik dan masih jalani isolasi mandiri.

Hal tersebut diungkapkan kepala balai kesehatan paru provinsi Maluku yang juga juru bicara vaksinasi Covid-19 Maluku dr Dony Rerung kepada media ini di kantor Gubernur, Rabu (20/1/2021).

“Saya baru koordinasi dengan dokter yang merawat pa Wagub yaitu dokter Dewi. Hasilnya beliau baik-baik saja termasuk isterinya juga baik. Meski hasil Swab tes kedua kalinya masih positif. Tapi secara fisik baik-baik saja,” tandas Rerung.

Merujuk ketentuan aturan dari kementerian kesehatan (Kemenkes), sebut Rerung, maka Wagub tidak perlu lagi dilakukan Swab tes untuk ketiga kalinya, bila kondisinya baik-baik saja.

Akan tetapi berdasarkan edaran Gubernur bahwa tetap dilakukan Swab tes sampai hasilnya negatif baru dinyatakan sehat dan bisa aktifitas.

“Pokoknya sampai negatif. Kalau sesuai kementerian, selama isolasi tetap sehat meski masih positif, tidak lagi Swab lanjutan karena dianggap sehat. Tapi ketentuan disini masih tetap dilakukan bukti lewat Swab untuk nyatakan negatif,” tukasnya.

Untuk anggota keluarga Wagub lainnya kata dia semua baik-baik. Sebab mereka semua masuk kategori orang tanpa gejala. Hanya karena menghindari kontak dengan orang lain sehingga diisolasi mandiri.

“Pa Wagub didampingi dan selalu tangani dokter dari RSUP dr Leimena yaitu dr Dewi, ahli penyakit dalam. Mereka isolasi di kediaman. Sampai negatif baru boleh aktifitas diluar. Untuk sementara dijaga-jaga dulu,” jelasnya.

Ditambahkan, tidak lagi ada orang yang kontak erat dengan Wagub dan keluarga sejak masa isolasi atau karantina hari pertama hingga saat ini. Apalagi pasca itu, Wagub menerapkan kerja dari rumah.

“Tidak ada. Karena selama teridentifikasi positif langsung isolasi dan beliau kerja dari rumah jadi aman. Apalagi saat tracing pun tidak kedapatan jadi tidak berkembang,” beber Rerung.

Dengan pemulihan yang dijalani Wagub dan isteri serta pendampingan dokter, Rerung berharap Swab ketiga nanti hasilnya akan menunjukkan negatif agar Wagub bisa beraktivitas, seperti semula.

“Mudah-mudahan,” singkat Rerung. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed