by

Desa Welora Kabupaten MBD, Destinasi Wisata Baru Terpopuler di Indonesia

AMBON,MRNews.com,- Catatan sejarah baru berhasil ditorehkan Desa Welora Kecamatan Dawelor Dawera Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Bagaimana tidak, Desa yang dipimpin Markus Laimera itu, Kamis (20/5) di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provisi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah ditetapkan sebagai destinasi wisata baru terpopuler di Indonesia.

Ini terjadi karena Desa Welora berhasil menggondol juara I pada malam Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards tahun 2020 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan meraih perolehan dukungan suara sebesar 39 persen.

Welora mengalahkan Pulau Semau dari Kabupaten Kupang yang berada diposisi kedua dengan perolehan suara 28 persen dan diurutan ketiga ada Pasir Timbul, Bone Lambunta dari Kabupaten Buton tengah dengan dukungan 19 persen.

Laporan yang himpun media ini, Bupati MBD Benyamin Th. Noach menerima langsung penghargaan bergengsi tersebut. Noach didampingi Sekretaris Daerah A. Siamiloy, Kepala Dinas Pariwisata L.S. Leha serta Pejabat Kepala Desa Welora Markus Laimera.

Diketahui, API awards merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia.

Selain itu, bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak baik masyarakat, industri/swasta, pemerintah daerah dalam mempromosikan pariwisata serta mengembangkan ekonomi kreatif secara langsung, nyata dan masif dimasing-masing daerah.

Bupati Noach mengaku, penghargaan yang diterima ini adalah kerja keras dari masyarakat Desa Welora khususnya dan MBD secara umum, yang tidak henti mempromosikan destinasi wisata baru tersebut ke kancah nasional maupun internasional melalui berbagai media.

‚ÄúPemerintah daerah hanya membantu mengusulkan ke pihak penyelenggara API 2020. Penghargaan ini dipersembahkan kepada masyarakat MBD dan Welora khususnya,” tandas Bupati dikutip dari laman malukubaratdaya.go.id, Jumat (21/5).

Oleh sebab itu, Noach katakan, kedepan pemerintah daerah (Pemda) MBD akan mengalokasi anggaran untuk pembangunan di Welora sehingga destinasi wisata baru disana dapat terus dikembangkan.

“Kabupaten MBD banyak memiliki potensi wisata baik wisata laut, pantai maupun produk penunjang lainnya. Karena itu melalui penghargaan ini, Pemda akan fokus mengembangkan sektor pariwisata menjadi salah satu sektor unggulan daerah,” pungkasnya. (MR-02/Kominfo-MBD)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed