by

ADM Belum Berfungsi, Dukcapil Siapkan Website Kependudukan

AMBON,MRNews.com,- Fasilitas Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang merupakan bantuan Direktorat Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bagi Kota Ambon hingga saat ini belum berfungsi sebagaimana mestinya pasca didatangkan dari Jakarta beberapa waktu lalu.

Alasannya karena salah satu alat vital yang berpengaruh pada ADM masih rusak dan kebutuhan alatnya tidak tersedia di Ambon, namun harus dilakukan pengadaan dari luar.

“ADM itu dia punya salah satu alat ada rusak. Beta sudah lupa nama alat itu. Beberapa waktu lalu sebetulnya sudah jadi tuh, cuma ada salah satu alat itu yang masih rusak,” tandas Plt Kepala Disdukcapil Kota Ambon Selly Haurissa kepada media ini via seluler, Kamis (17/6).

Padahal diakui Haurissa, sewaktu didatangkan dari Jakarta melalui kapal laut, ADM itu tidak ada masalah saat dibuka awal dan diuji, bahkan sama sekali belum sempat digunakan atau operasikan untuk kepentingan pencetakan administrasi kependudukan dan catatan sipil warga.

“Saat datang, katong baru save dia, memang jadi. Tapi tiba-tiba ada alat itu yang hangus, terbakar,” jelasnya.

Diduga hangus atau rusaknya salah satu alat ADM itu terjadi ketika cuaca buruk melanda kota Ambon beberapa waktu lalu berupa guntur, kilat, dimana keesokan harinya ketika dicek sudah hangus. Sebab ADM tidak dimatikan, online terus.

“Kita sudah coba perbaiki lagi alat yang rusak itu tapi sampai saat ini belum jadi, berfungsi kembali. Kita akan coba terus agar memang alat itu bisa didapat meski ada konsekuensinya,” tukasnya.

Meski ADM masih bermasalah, tapi kata Haurissa, Website milik Dukcapil sudah jadi, tinggal nanti dicanangkan dan dioperasikan.

“Kemarin kita baru coba pemantapan Website dukcapil untuk persiapan peluncuran. Nanti kalau Minggu-minggu depan sudah jalan, maka sudah bisa diakses masyarakat mendaftar online untuk pengurusan administrasi kependudukan serta print datanya,” ungkapnya.

Pihaknya berencana, Website Dukcapil bisa dioperasikan resmi dan diakses masyarakat awal Juli mendatang.

“Katong rencana Juli sudah bisa jalan normal. Kecuali KIA dan e-KTP, data kependudukan lain bisa langsung diprint ketika sudah berposes pada website itu,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed