by

Pastikan Pilkada di MBD Aman, Kapolda: Utamakan Logistik & Netralitas

-Kab.MBD-93 views
MOA,MRNews.com,- Guna memastikan Pilkada 9 Desember mendatang berjalan aman dan lancar, Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar menemui Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu(Bawaslu) Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Kamis (20/8) di kantor masing-masing.
Dalam kinerja KPU dan Bawaslu menurut Kapolda, utamakan bekerja dengan hati. Jika hati sudah lurus maka dengan setia pekerjaan apapun bisa dilakukan dengan baik dan netral.
Kapolda lantas memutar video salah satu kandidat yang kalah dan mengaku pengamanan Pilkada waktu itu berjalan aman dan netral. Maksudnya, untuk memberi gambaran dan motivasi positif bagi KPU dan Bawaslu demi kelancaran pesta demokrasi nanti yang lebih baik.
“Untuk distribusi logistik dalam Pemilu harus diutamakan. Mengingat kondisi serta geografis di MBD dan sekaligus menjelaskan tatacara dan kinerja dalam pelayanan dipentahapan Pilkada tiap TPS. Juga penting, jaga netralitas,” harap mantan Kapolda Sulbar.
Soal masalah COVID-19 menurutnya, masyarakat yang akan menggunakan hak pilih di Pilkada harus melihat calon kandidat yang berkontestasi mesti punya program khusus untuk penanganan COVID-19.
Ketua Bawaslu MBD Jefry.P Philipus Yonas menilai, kehadiran Kapolda dibumi Kalwedo adalah sebuah kehormatan bagi Bawaslu dan KPU MBD. Tentu memberi motivasi untuk bekerja dan mensukseskan proses event politik lima tahunan itu baik pelaksanaan maupun pengawasan.
“Dari tahapan Pilkada yang sedang berjalan, sampai saat ini kami belum menemui kesalahan atau keganjalan. Sesuai UU no 10 tahun 2015 tentang Gakkumdu sudah dibentuk tim Gakkumdu dalam kesiapan pentahapan Pilkada nanti,” tandas Jefry.
Sementara Ketua KPU MBD Jacob Alupatty Demny mengatakan, ketersedian anggaran NPHD senilai Rp 28 miliar dengan pencariannya serta anggaran untuk penanganan COVID-19 didukung langsung Pemkab MBD.
“Pentahapan Pilkada, KPU mendapat dukungan luar biasa dari tokoh agama, pemuda dan tokoh masyarakat. Termasuk soal keamanan, kami berterima kasih kepada pak Kapolres yang mengambil kebijakan dalam pengamanan situasi. Kehadiran Kapolres yang baru ini punya warna tersendiri bagi kami di MBD,” tutur Alupatty. (MR-02)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed