by

Ke Pulau Seram, Pangdam Disambut Prosesi Adat

-Maluku-82 views

AMBON,MRNews.com,- Pangdam XVI/Patttimura Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin dan sejumlah pejabat Kodam XVI/Pattimura melakukan kunjungan kerja (Kunker) diwilayah Kodim 1502/Masohi yang berada di Pulau Seram, Kamis (27/5).

Dengan menggunakan kapal Ferry, Pangdam yang didampingi Ketua Persit KCK XVI/Pattimura Ny. Arni Rahawarin tiba di pelabuhan Waipirit Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Jenderal Bintang Dua itu disambut Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Arnold A.P. Ritiauw, Dandim 1502/Masohi Letkol Inf Nunung Wahyu Nugroho, Danyonif 731/Kabaresi Letkol Inf Yoyok W, Forkopimda Kabupaten SBB, tokoh adat setempat serta pimpinan OPD Pemkab SBB.

Kedatangan Pangdam dan Ketua Persit di Bumi Saka Mese Nusa, disambut pengalungan bunga oleh Forkopimda SBB, dan tarian cakalele oleh Saniri Negeri Amahai Kabupaten Maluku Tengah ketika juga mendatangi Bumi Pamahanunusa, julukan untuk Maluku Tengah.

Kemudian, menuju Baileo Lounusa Maatita untuk melaksanakan prosesi adat Pasawari, yang ditandai dengan penyematan Karasuino Olo dari Upu Latu – Upu Manihua Lauro.

Usai prosesi adat, Pangdam sambangi Yonif 731/Kabaresi, sekaligus menyaksikan beberapa kesenian anggota Kabaresi yaitu, Drum Band Gita Cakti Kabaresi, tari Gaba-Gaba/Sau Reka-Reka dan Demo Silat.(MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed