by

Wagub Akui Suguhi Atlit PON-Maluku Bubur Manado

AMBON,MRNews.com,- Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno mengakui pemerintah dan Satgas PON XX/2021 Provinsi Maluku menyuguhi atlit Maluku yang dalam persiapan ke PON dengan makanan bubur Manado.

“Para atlit Maluku yang akan berlaga di PON Papua, selalu disuguhi makanan yang memenuhi standar asupan gizi, seperti Bubur Manado,” tandas Orno kepada awak media di kantor Gubernur Maluku, Selasa (15/6).

Alasan disuguhkannya bubur Manado kepada atlit menurut Orno yang juga ketua Kontingen Maluku di PON Papua itu, karena bubur Manadi kaya akan asupan gizi.

“Dalam pembenahan prestasi harus memperhatikan unsur-unsur gizi, apalagi ini bagi para atlit,” tuturnya.

Dijelaskan Orno, pihaknya terus menjaga agar Hemoglobin (HB) para atlit Maluku, yang akan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021-Papua, semakin hari semakin bagus.

“HB atlit Maluku itu sudah sampai 12,1 hingga 18. Ini berarti, asupan gizi yang diterima para atlit kita yang akan berlaga di PON Papua juga bagus,” tukas politisi PDI Perjuangan itu.

Karenanya, untuk tetap menjaga kestabilan itu, panitia dan Satgas tambah Orno, tidak sembarangan memberi asupan gizi. Semua diatur sesuai standar menu makan atlit.

“Bahkan untuk makanan atlit ini, dokter gizi yang disiapkan juga berkoordinasi dengan dokter muri yang merupakan ahli gizi di pusat. Jadi penyediaan makanan yang diberi panitia kepada atlit tidak sembarangan,” demikian Orno.

Sementara ahli gizi atlit Maluku Mariana D. Hukubun mengaku, bubur Manado memiliki unsur karbohidrat yang kompleksitas. Artinya, didalamnya ada, beras, jagung, labu, dan sayur-sayuran.

“Itu juga mengandung glukosa yang diperlukan didalam darah untuk menghasilkan energi. Kemudian sayur-sayuran yang didalamnya ini, mengandung zat besi, berfungsi memproduksi sel darah merah. Itu sangat penting karena mengandung serat tinggi, “terangnya.

Bubur Manado, lanjutnya, diberikan ke para atlit usai latihan dihari Sabtu. Pemberian asupan gizi dilakukan saat itu bukan tanpa alasan dan pertimbangan.

“Kita sesuaikan pola makannya, untuk menjaga berat badan atlit. Maka kita terapkan tiap Sabtu diberikan bubur Manado. Sebab mulai dari Sabtu sampai Senin, semua atlit progamnya Off. Tidak ada aktifitas apa-apa,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed