by

Vaksinasi Massal 235 Warga Kota Ambon Bakal Disaksikan Presiden

AMBON,MRNews.com,- Vaksinasi massal terhadap kurang lebih 235 warga kota Ambon di RSUP dr Leimena, Kamis (25/3) yang masuk daftar tambahan ditahap kedua bakal disaksikan langsung Presiden RI Joko Widodo yang melakukan kunjungan kerja di Ambon-Maluku.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon Wendy Pelupessy kepada media ini di Ambon, Rabu (24/3).

Dijelaskan Wendy, 235 warga yang divaksinasi itu merupakan keterwakilan dari berbagai komponen masyarakat, termasuk didalamnya juga para pedagang dan atlit yang akan mengikuti pekan olahraga nasional (PON) di Papua.

“Pokoknya mereka semua 235 orang. Ada pedagang, warga lanjut usia (Lansia), tokoh agama, supir angkutan kota (Angkot), kemudian pelayan publik, atlit, dan calon jemaah haji Lansia,” urainya.

Kalaupun ada yang tidak kebagian vaksin dalam proses tinjauan Presiden, diakui Wendy, maka akan dialihkan ke pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) terdekat.

“Jika ada, maka akan dialihkan ke Puskesmas Poka, Kecamatan Teluk Ambon. Karena saat itu, Puskesmas Poka juga sedang lakukan vaksinasi massal,” tuturnya.

Menurut Wendy, 235 warga itu sebelumnya telah melakukan tahap skrining yang kemudian diikuti dengan Rapid test antigen di kantor Dinkes.

“Semua yang akan ikuti vaksinasi, harus tes Rapid Antigen dulu. Mengapa kita beri 235, supaya kalau ada yang hasil reaktif maka jumlahnya masih tetap tidak dibawa 200,” ungkapnya.

Nantinya ditambahkan Wendy, akan ada beberapa orang yang dikhususkan untuk melaksanakan vaksinasi didepan Presiden. Mereka itu, tidak melakukan Rapid antigen namun langsung melakukan Swab test.

“Mereka yang berada pada ring satu, atau berhadapan langsung dengan Presiden, tidak di Rapid antigen, melainkan harus lakukan tes Swab PCR,” demikian Wendy. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed