by

Sah, Janse Leimena Raja Defenitif Negeri Ema

AMBON,MRNews.com,- Janse Tresia Leimena, dilantik Walikota Ambon Richard Louhenapessy sebaga raja defenitif Negeri Ema Kecamatan Leitimur Selatan (Leitisel) periode 2021-2027, Jumat (26/3).

Keabsahan pelantikan Janse Tresia tersebut usai Negeri asal Pahlawan Nasional Johannes Leimena itu cukup lama dikomandoi penjabat sementara Raja.

Pasca ini, Walikota berharap, Leimena dalam enam tahun kedepan dapat membangun komunikasi dan konsolidasi dengan semua komponen yang ada dimasyarakat sehingga proses pemerintahan bisa efektif agar Negeri Ema semakin maju dan berkembang.

“Semua itu untuk kebaikan masyarakat dengan raja sehingga sama-sama membangun negeri. Saya yakin sebagai raja perempuan, mampu melakukannya secara baik,” harap Louhenapessy di ruang ULA Balaikota Ambon, Jumat (26/3).

Leimena juga diminta Walikota akan bertanggung jawab untuk mensejahterakan rakyat dengan menjujung tinggi nilai-nilai pancasila.

“Saya percaya, saudara bisa melaksanakan tugas dengan sejujur-jujurnya dan adil sesuai tanggungjawab dan kewajiban yang diberikan. Sehingga rakyat dapat sejahtera dimasa jabatan kamu,” pinta mantan ketua DPRD Maluku.

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon diakuinya, tidak ingin mengintervensi aturan-aturan adat yang berlaku di Negeri adat sendiri. Sebab yang mengetahui aturan adat, hanya anak negeri adat.

“Saya tidak mau buat kesalahan. Negeri Ema hari ini telah menunjukan kinerja luar biasa lewat tugas Saniri yang menetapkan mata rumah parentah yaitu Leimena yang sejalan dengan bukti yang dimiliki. Saya harap raja baru ini, bisa jalankan tugas yang baik,” ingatnya.

Kota Ambon tambah Walikota, ada 50 Desa dan Kelurahan. 22 diantaranya adalah Negeri adat. Untuk itu, diminta Jane Leimena selaku raja dapat menjaga nilai kultural. Sehingga tidak terjadi kesalah pahaman antara warga. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed