Pergantian Tahun, Penyekatan Jalan & Tanpa Pesta Kembang Api

AMBON,MRNews.com,- Guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada perayaan malam pergantian tahun 2018 (Old) dan sambut tahun baru 2019 (new), maka Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bersama-sama dengan Kepolisian akan melakukan penyekatan jalan pada sejumlah titik didalam kota Ambon serta patroli gabungan. Selain itu pula, dapat dipastikan tak akan ada lagi pesta kembang api seperti tahun-tahun sebelumnya.

Hal tersebut sesuai dengan hasil rapat koordinasi antara Pemkot Ambon, Kepolisian dan TNI (3 Pilar) yang berlangsung Jumat, 28 Desember 2018 di ruang rapat utama Polda Maluku, yang dipimpin Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lumowa, dihadiri Kepala BIN Daerah Maluku, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dan staf, Pejabat Polda Maluku serta Pejabat Kodam XVI/Pattimura.

“Hasilnya yaitu demi menjaga keamanan serta ketertiban di Kota Ambon saat malam pergantian tahun, akan dilakukan penyekatan pada beberapa ruas jalan di Kota Ambon. Penyekatan dengan sistem buka tutup namun bersifat situasional dengan melihat kondisi di lapangan. Selain itu, tiga pilar ini juga akan melakukan patroli keliling Kota Ambon guna memastikan kondisi di setiap sudut kota aman dan dipastikan pula tidak ada pesta kembang api,” ujar Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Ambon, Joy Reiner Adriansz kepada media di Balaikota, Senin (31/12/18).

Titik sekat pengamanan malam tahun baru antara lain, kata Joy, berada di Jembatan Batu Merah, Pertigaan Sinar Motor, Pertigaan Rehoboth Batu Gantung, Depan Pos PAM Air Salobar, Jembatan Galala, Jembatan Merah Putih (Poka), Kawasan Air Manis Leihitu Barat, Benteng Karang Hitu, Depan Polsek Baguala dan Pantai Natsepa. Penyekatan mulai terjadi pada pukul 21.00 WIT.

Agar perayaan pergantian malam tahun baru dapat dirasakan seluruh masyarakat, cetus Joy, Pemkot Ambon akan ada kegiatan “Old and New” dengan panggung hiburan di empat lokasi, yang terjangkau warga di setiap kecamatan yakni Lapangan Merdeka, Mall Ambon City Center (ACC) Passo Kecamatan Baguala, kawasan reklamasi tapal kuda Air Salobar kecamatan Nusaniwe dan Tugu Leimena, Desa Poka Kecamatan Teluk Ambon. Panggung hiburan akan diisi artis ibukota Seruni Bahar, Calvin Aprilian dan Tessa Idol, serta artis-artis kota Ambon, dimulai pukul 21.00 WIT hingga Jumat (1/1/19) dini hari.

“Terkadang perayaan malam pergantian tahun dimanfaatkan kaum muda untuk aksi balapan liar atau lainnya yang berdampak negatif bagi dirinya dan pengguna jalan dan masyarakat lainnya. Menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka Pemkot mengajak warga Kota Ambon untuk tetap menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban yang telah terjalin selama ini ditunjang berbagai prestasi yang diraih Kota Ambon di 2018 dapat terus ditingkatkan pada tahun 2019, mulai dari lingkungan masing-masing, juga diminta hindari balap liar. Sehingga Kira dapat mengakhiri tahun 2018 dengan segala baik sebagai wujud kesiapan pemerintah dan masyarakat dalam menyambut tahun 2019,” tutup Joy. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *