by

Penyaluran Bansos Beras ke KPM PKH-BST di Ambon Hampir Tuntas

AMBON,MRNews.com,- Dinas Sosial (Dinsos) Kota Ambon hampir tuntas menyalurkan bantuan sosial (Bansos) beras dari pemerintah pusat sebanyak 148 ton 360kg kepada 14.836 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Kadinsos Ambon Nurhayati Jasin katakan, penyaluran Bansos beras tersebut dilakukan melalui desa/kelurahan, yang dimulai beberapa hari setelah launching di gudang Divre Bulog Maluku. Dengan setiap KPM mendapatkan 10kg.

“Beberapa hari sejak launching itu, kita mulai bagi Bansos dan diawali di Kelurahan Waihaong dan Silale. Selanjutnya ditempat lain hingga saat ini. Sampai di kecamatan Leitimur Selatan (Leitisel) pun sudah dibawa,” tandasnya kepada media ini via seluler, Selasa (3/8).

Menurutnya, penyaluran masih terus dilakukan sampai sekarang di desa/kelurahan. Diharapkan dalam pekan ini, semua sudah tuntas dan bantuan dapat diterima serta dimanfaatkan masyarakat.

“Total PKH di Kota Ambon yang terima Bansos beras ada 7014. Sedangkan untuk BST sebanyak 7722 KPM. Semuanya tersebar di lima kecamatan,” bebernya.

Menurut Jasin, diluar Bansos beras itu yang merupakan bantuan pemerintah pusat (Pempus), tidak ada lagi Bansos yang disiapkan Pempus, selain program bantuan sosial reguler lainnya, yaitu PKH dan BST.

“Untuk Bansos lain belum ada sih sampai sekarang, belum ada instruksi dan petunjuk lebih lanjut. Yang ada petunjuk itu kan cuma untuk jalan level IV, kita ada di level III,” tukas Jasin.

Demikian pula Pemkot Ambon sebutnya, belum siapkan Bansos apapun karena tidak ada instruksi Walikota. Sebab merujuk dari petunjuk Pempus yang juga belum ada.

“Kalau ada petunjuk dari atas, pasti dengan sendirinya ada tindak lanjut dibawah dengan melahirkan kebijakan. Kita menunggu instruksi saja. Tapi memang tidak ada anggaran Bansos di dinas meski telah ada di level IV,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed