by

Menteri LHK Anugerahi Trophy Proklim Utama Bagi Negeri Rutong & Amahusu

AMBON,MRNews.com,- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menganugerahi trophy program kampung iklim (Proklim) kategori utama kepada dua desa/negeri di Kota Ambon yaitu Negeri Rutong Kecamatan Leitimur Selatan dan Negeri Amahusu Kecamatan Nusaniwe, Selasa (19/10).

Dikarenakan Pandemi Covid-19, trophy tersebut diserahkan secara virtual dari Jakarta, yang diterima Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku Roy Syauta dan Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan Kota Ambon Alfredo Hehamahua di kantor DLH Maluku.

Ketua kelompok kampung iklim Rutong, Nona Telapary, ketua kampung iklim Negeri Amahusu Kesya Tulalessy dan perwakilan pemerintah Negeri Rutong dan Amahusu ikut saksikan momen istimewa itu.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon Alfredo Hehamahua katakan, selain trophy proklim utama, 7 Negeri/Desa/Kelurahan di kota Ambon juga menerima sertifikat Proklim Utama.

7 Negeri itu yaitu Naku, Hukurila, Batu Gajah, Passo, Negeri Lama, Hative Besar dan Soya. Penerimaan Sertifikat Proklim Utama, hanya ditampilkan dilayar. Sertifikat aslinya akan didapat kemudian.

“Sebenarnya kami usulkan 10 Negeri/Desa/Kelurahan untuk dinilai dalam penghargaan Proklim 2021. Yang berhasil mendapat apresiasi hanya 9 Negeri/Desa/Kelurahan, sedangkan Kelurahan Waehaong masih masuk kategori Madya,” tandas Hehamahua via seluler.

Dengan capaian ini, Walikota Ambon Richard Louhenapessy sebutnya, memberi apresiasi luar biasa bagi semua Negeri/desa/kelurahan yang sudah mengikuti penilaian dan atensi kepada proses penyerahan tropy serta mendorong pencapaian Proklim Lestari.

Untuk penyerahan trophy Proklim Utama secara langsung, Hehamahua memastikan akan dilakukan secepatnya.

“Saat ini Kepala DLH Provinsi sedang berkoordinasi dengan Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (PPIKHL) Wilayah Maluku Papua untuk kepastian tanggal,” bebernya.

Direncanakan saat trophy Proklim Utama datang, sambungnya, akan singgah ke kantor Gubernur. Kemudian baru diserahkan ke Negeri Rutong dan Amahusu. Sekaligus penyerahan sertifikat Proklim Utama kepada 7 negeri/desa/kelurahan.

“Diharapkan Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim,Laksmi Dhewanthi dan Kepala Balai PPIKHL Wilayah Maluku Papua bisa menyerahkan langsung di Ambon,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed