by

Pemkot Minta DPRD Dukung Proses Vaksinasi di Kota Ambon

AMBON,MRNews.com,- Pemerintah kota (Pemkot) Ambon meminta dukungan DPRD terhadap rencana proses vaksinasi Covid-19 tahap pertama yang akan dilakukan pada sumberdaya manusia (SDM) kesehatan di Kota Ambon 14 Januari mendatang.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengaku, ditahun 2021 ini kondisi Pandemi global Covid-19 masih dihadapi yang tidak tahu kapan berakhirnya. Namun patut disyukuri karena sudah ditemukan vaksin untuk mencegah penyebaran virus mematikan itu.

Vaksin kata dia, bukanlah obat, tetapi dapat mendorong kekebalan spesifik pada Covid-19 agar terhindar dari tertular ataupun kemungkinan sakit berat.

Walau sudah ada vaksin namun upaya pencegahan yang utama yaitu tetap disiplin protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Hingga saat ini aparatur Pemkot Ambon diback up TNI/Polri terus menjalankan operasi yustisi untuk membangun kesadaran masyarakat kota Ambon dalam disiplin protokol kesehatan (Prokes),” sebut Walikota di Ambon, Minggu (10/1/2021).

Terkait pemberian vaksin yang akan dimulai secara nasional pada 13 Januari mendatang oleh Presiden RI Joko Widodo dan jajaran kabinetnya sebagai penerima vaksin pertama, Kota Ambon diakui Walikota juga telah siap melaksanakan vaksinasi tersebut baik dari segi sarana maupun prasarana pendukungnya.

Untuk menunjang proses tersebut, menurut Louhenapessy, di Kota Ambon ada 22 Puskesmas, 7 rumah sakit dan 1 kantor kesehatan pelabuhan (KKP) yang siap untuk melayani vaksinasi bagi masyarakat.

“Pemkot Ambon juga telah membentuk kelompok kerja pemantauan dan penanggulangan kejadian ikutan pasca imunisasi yang akan bekerja mengawasi dan memantau pasca vaksinasi sehingga dapat memberikan jaminan keamanan pasca vaksinasi terhadap masyarakat,” tuturnya.

Maka demi mensukseskan proses vaksinasi dirinya mengajak seluruh aparatur Pemkot Ambon, DPRD maupun stakeholder untuk dapat memberikan edukasi dan pencerahan bagi masyarakat yang sudah terlanjur antipati dan takut dengan keamanan vaksin akibat melihat/membaca berita hoax yang tersebar dimedia-media sosial.

“Mari bersama-sama kita dukung program vaksinasi bagi upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 di kota Ambon,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed