Pemilu di Maluku Aman, Bawaslu Apresiasi Aparat & Mitra

AMBON,MRNews.com,- Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden-Wakil Presiden dan legislatif 17 April 2019 telah usai dan berjalan dengan aman, lancar tanpa ada gangguan yang membahayakan, termasuk di Provinsi Maluku. Semua pihak turut andil baik aparat keamanan bahkan masyarakat guna terciptanya keamanan. Hal ini pun mendapat apresiasi dari berbagai pihak termasuk badan pengawas pemilu (Bawaslu) Maluku.

Ketua Bawaslu Maluku, Abdullah Ely memberi apresiasi kepada aparat keamanan baik TNI maupun Polri dalam menjaga keamanan Pemilu serentak 2019 yang baru saja digelar beberapa waktu lalu. Pasalnya, perhelatan Pemilu 2019 di Indonesia awalnya memunculkan penilaian miring termasuk untuk Maluku, bahwa provinsi bertajuk seribu pulau ini jadi salah satu provinsi dengan tingkat kerawanan tinggi. Namun penilaian itu gugur dengan sendirinya lantaran Pemilu berjalan sukses, aman dan damai.

“Apresiasi bagi TNI/Polri yang mampu menjaga dan memastikan keamanan di Maluku tetap tercipta saat Pemilu digelar dan pasca Pemilu. Apa yang telah diraih ini mesti tetap dijaga, kendati pasca hasil Pemilu diumumkan, ada sejumlah kejadian, namun hal itu tidak berpengaruh di Maluku dan masyarakat tidak terprovokasi,” tukasnya kepada media di Ambon, Selasa (4/6/19).

Selain kepada aparat keamanan, Bawaslu Maluku juga sebut Ely, menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Maluku dan para mitra pengawasan partisipatif yang telah membantu dalam melakukan pengawasan terhadap seluruh tahapan pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2019 di provinsi ini.

Jalannya pesta demokrasi di Maluku yang dimulai dari pemilihan Presiden-Wakil Presiden, DPR-RI, DPD, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota serentak diakuinya, adalah yang pertama dilakukan dalam sejarah bangsa Indonesia dan hal itu berjalan sukses, aman dan damai. Semua yang terjadi karena kerjasama seluruh stakeholder, yang begitu intens dalam melakukan tugas pengawasan terhadap tahapan-tahapan pesta demokrasi.

“Atas nama Bawaslu dan jajaran menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada masyarakat Maluku, teristimewa elemen pengawasan partisipatif yang membantu Bawaslu Maluku untuk tetap intens melakukan pengawasan terkait tahapan pelaksanaan Pemilu serentak di Maluku,” kunci Ely. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *