by

Kapolda dan PJU Periksa Suhu Tubuh

AMBON,MRNews.com,- Untuk mencegah dan mendeteksi penyebaran Corona Virus Disease (Covid) 19 bagi anggota Polri dilingkungan Polda Maluku, Kapolda Irjen Pol. Baharudin Djafar dan sejumlah Pejabat Utama (PJU) periksa suhu tubuh dengan menggunakan termal scanner di ruang transit lapangan Letkol C.H Tahapary Tantui, Senin (16/3/2020).

Kapolda katakan, saat ini pihaknya harus fokuskan untuk menjaga kebersihan diri maupun lingkungan sehingga tidak mudah terkena virus mematikan itu.

“Kebersihan diri dan lingkungan merupakan hal sangat utama dalam mencegah virus tersebut. Jangan sampai kita lalai untuk menjaga kebersihan dan stamina tubuh kita,” kata mantan Kapolda Sulawesi Barat.

Tak saja dirinya dan PJU, Kapolda juga memerintahkan seluruh personilnya rutin mengecek dan mamantau kesehatan tubuhnya. “Mari kita cegah penyebaran virus itu selain dengan menjaga kebersihan kita juga harus rutin mengecek kondisi kesehatan kita,” imbuh jenderal polisi bintang dua ini.

Alumnus Akpol 1986 itu menambahkan, perintah dan himbauan dari Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis sudah sangat jelas untuk dilaksanakan seluruh jajaran kepolisian termasuk di Polda Maluku. Yakni menyediakan alat pengukur suhu tubuh disetiap pintu masuk gedung/kantor dan melakukan pengecekan suhu tubuh pada setiap orang yang masuk.

Berkoordinasi dengan rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat bila ditemukan orang yang dicurigai (suspect) corona, menyediakan cairan antiseptik (hand sanitizer), mewajibkan setiap anggota rutin mencuci tangan, selalu pakai penutup mulut saat batuk atau bersin dan segera buang ke tempat sampah, bersihkan barang-barang yang sering tersentuh banyak orang/rentan terkontaminasi.

“Membiasakan protap dalam memberi atau menerima salam tidak dengan kontak fisik secara langsung seperti bersalaman, cium pipi kanan-kiri dan bentuk lainnya. Sebagai contoh salaman yang dianjurkan tanpa kontak fisik dengan menyatukan telapak tangan didepan dada, salam dengan menyentuh dada kiri pakai tangan kanan, hormat sesuai pud,” ujar Bahar, sapaan akrab Kapolda.

Selain itu, diharapkan agar satker atau satwil menyiapkan rencana kontingensi dalam mengantisipasi perkembangan penyebaran virus COVID-19 dan melakukan pelatihan berdasarkan protokol WHO. (MR-02/Humas).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed