by

Rekayasa Lalin, Depan Mapolda Hingga Skip Dibuat Searah

AMBON,MRNews.com,- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease melakukan rekayasa lalu lintas (Lalin) pada jalan Rijali tepatnya depan markas Polda (Mapolda) Maluku hingga ke kawasan Skip yang dibuat satu arah.

Sebelumnya, pada jalur tersebut terjadi arus kendaraan dua arah dan sering menimbulkan kemacetan akibat adanya kendaraan yang sering menggunakan badan jalan untuk parkir.

Kasat Lantas Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease AKP Ganesha Sinambela mengaku, beberapa alasan rekayasa tersebut dilakukan karena berdasarkan analisa dan data Satlantas, dijalan tersebut sering terjadinya kecelakaan.

“Kemudian sering terjadinya kemacetan yang disebabkan ruas jalan sempit dan kesemrawutan kendaraaan terutama kendaraan dari perempatan Polda Maluku masuk menuju ke arah Skip,” ungkap Sinambela kepada awak media di Ambon, Selasa (26/1).

Rekayasa Lalin ini juga sebutnya, salah satu cara mengurai kemacetan yang ada diruas jalan lain, terutama disepanjang jalan Tulukabessy dan Batu Merah. Dimana hasil evaluasi sesuai fakta lapangan selama 4 hari rekayasa, dapat dilihat arus Lalin sepanjang jalan Tulukabessy lebih lancar.

Ini disebabkan karena yang biasanya banyak kendaraaan bisa melewati jalur Skip- Pegadaian dan Pelni, namun saat ini harus putar ke jalan Yan Paays, PGRI dan melalui beberapa lampu merah.

“Sehingga ada waktu dan jarak antar kendaraan untuk sampai di jalan Tulukabessy. Hal ini kita meniru rekayasa lalin yang ada di kota-kota besar lain seperti Jakarta dan sebagainya,” bebernya.

Karena itu, tambah Sinambela, pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di Kota Ambon khususnya untuk bisa mengikuti dan melaksanakan rekayasa yang dilakukan.

“Ini semua dilakukan untuk kepentingan kita bersama dan menjadikan Kota Ambon menjadi kota yang lebih tertib, teratur, aman, nyaman, dan berkeselamatan,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed