Jelang Akhir Tahun, Tiga Pilar Kamtibmas Apel Siaga

AMBON,MRNews.com,- Dalam rangka peningkatan sinergitas guna mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Kota Ambon dan jelang akhir tahun, dilakukan apel siaga tiga pilar Kamtibmas di Lapangan Merdeka, Jumat (28/12/18). Apel siaga dipimpin Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dihadiri Dandim 1504 Pulau Ambon, Kapolres Pulau Ambon dan Pp Lease, Kepala Kejaksaan Negeri Ambon, Ketua DPRD Kota Ambon, pimpinan OPD Pemkot Ambon, para camat, lurah, kepala desa, kepala pemerintah negeri se-kota Ambon.

Dalam arahannya, Walikota mengatakan, dengan melihat kondisi bangsa saat ini yang selalu mengalami tantangan, serta adanya pandangan dan tindakan yang mengancam, adanya sikap-sikap tidak toleran yang mengusung ideologi lain selain pancasila, penyalahgunaan media sosial oleh berita bohong dan ujaran kebencian yang tidak sesuai dengan ideologi bangsa, maka diperlukan kerjasama dan peran aktif dari semua pihak baik TNI, Polri, pemerintah daerah serta seluruh komponen masyarakat.

“Dengan adanya permasalahan yang mengancam stabilitas keamanan bangsa ini, maka muncullah gagasan sinergitas TNI, Polri, dan pemerintah daerah dalam mewujudkan keamananan dan ketertiban masyarakat, atau yang disebut sinergitas tiga pilar. Tiga pilar merupakan kekuatan yang selalu harus dipelihara dan ditingkatkan mulai dari tingkat kabupaten/kota, kecamatan sampai ke tingkat desa/negeri/kelurahan untuk mewujudkan keamanan, ketertiban dan kenyamanan bagi warganya,” ujar Walikota.

Sinergitas yang dibentuk ini kata Walikota, bukan hanya sebagai sebuah slogan atau euforia semata, namun dalam bentuk nyata dilakukan berbagai kegiatan yang terkoordinasi dengan baik. Artinya bersinergi dengan saling mengisi dan melengkapi perbedaan untuk mencapai hasil yang lebih besar. Apalagi, kehadiran pula Babinsa, Bhabinkamtibmas, Satpol PP, Satlinmas, aparatur perhubungan, Damkar, Tagana, perangkat kewilayahan dan pramuka mencerminkan upaya sinergitas antara berbagai elemen dalam menciptakan situasi kondusif bagi warga kota Ambon.

“Mari kita tinggalkan perbedaan diantara kita dan satukan tekad kita untuk Indonesia jaya, mari kita tinggalkan kebiasaan lama yang saling menghujat, saling menjatuhkan, saling menyebarkan isu-isu negatif, menuju cara atau gaya hidup yang positif dengan mengedepankan kekeluargaan dan memperkokoh persatuan,” bebernya.

Apel siaga ini juga sebut Walikota, guna meningkatkan sinergitas dalam menyongsong perayaan malam tahun baru dan pelaksanaan Pemilu bulan April 2019 mendatang. Oleh karena itu, melalui apel bersama ini Pemkot Ambon sangat mengharapkan kerjasama dan koordinasi lebih optimal antara tiga pilar kecamatan maupun desa/negeri/kelurahan sehingga gangguan-gangguan keamanan yang sering terjadi di wilayahnya masing-masing dapat diantisipasi sejak dini sebelum menimbulkan keresahan atau sampai terjadinya gejolak masyarakat.

“Untuk itu peran tiga pilar dalam membina masyarakat harus tetap dipertahankan, tetap menjaga kekompakan, kehormanisan serta sinergitas jajaran tiga pilar di kota Ambon. Sehingga terwujudnya Ambon yang harmonis, sejahtera dan religius yang akan berdampak pada pembangunan dan kesejahteraan masyarakat kota Ambon,” tutup Walikota. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *