by

HUT Bhayangkara, 60 Bintara di Polres Ambon Naik Pangkat

AMBON,MRNews.com,- Kepolisian Republik Indonesia (Polri) merayakan HUT Bhayangkara ke-73, Senin (1/7/19). Memaknai HUT itu, 60 Bintara dan 4 PNS Polri di Polres Pulau Ambon dan Pp Lease naik pangkat. Dengan rincian, Bripka ke Aipda 12 orang, Brigpol ke Bripka 41 orang, Briptu ke Brigpol 7 orang dan PNS 4 Orang. Upacara dipimpin Kapolres Ambon, AKBP Sutrisno Hadi Santoso, dengan komandan upacara Ipda Mayo. Sesuai tradisi, mereka yang naik pangkat “dihukum” berjalan jongkok keliling lapangan upacara dan sujud syukur.

Dalam amanatnya, Kapolres mengharapkan, Bintara dan PNS yang naik pangkat mampu meningkatkan dedikasi dan loyalitas terhadap kesatuan ini serta mempunyai mentalitas yang lebih baik dalam pelaksanaan tugas sebagai anggota Polri. Pasalnya, kenaikan pangkat juga dibarengi dengan tanggungjawab serta perubahan baik pola pikir dan cara bertindak bagi anggota serta lebih dewasa dan mampu mengendalikan diri dalam menghadapi tantangan tugas kedepan. 

“Kenaikan pangkat yang diberikan kepada seorang anggota Polri kata Kapolres, atas dasar pengabdian dan loyalitas kepada bangsa dan negara serta kepolisian negara republik Indonesia melalui tugas secara terus menerus dalam kurun waktu yang telah ditentukan dan tidak tercela atau cacat dalam tugasnya. Perlu juga ditekankan bahwa kenaikan pangkat bukan merupakan hak setiap anggota tetapi merupakan wujud penghargaan dari pimpinan kepada setiap anggota atas pengabdian, dedikasi dan loyalitas kepada institusi,” ujar Sutrisno.

Berbagai kebijakan yang telah ditetapkan pimpinan Polri bertujuan merubah citra Polri agar lebih baik lagi dimata masyarakat dan sudah sepatutnya sebagai anggota Polri wajib mendukung kebijakan tersebut. Pahami tugas Polri sebagai pelindung, pelayan dan pengayom masyarakat.

Kendati tugas Polri sangat berpotensi terhadap adanya pelanggaran hak asasi manusia karena berinteraksi langsung dengan masyarakat, wajib untuk menghindarinya dan buang jauh-jauh sikap arogansi. Sebab Polri hadir ditengah-tengah masyarakat untuk melindungi bukan malah membuat resah.

“Tingkatkan kualitas pelayanan sebagai anggota Polri yang terikat seperangkat aturan. Sebagai pimpinan, saya menghimbau ke seluruh personil tanpa kecuali agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi perkembangan situasi dan kondisi khususnya di wilayah hukum Polres Pulau Ambon dan Pp Lease yang sewaktu-waktu eskalasinya dapat meningkat tanpa diduga. Pasang mata dan telinga pada situasi di sekitar lingkungan tempat tinggal, jangan bersikap apatis, masa bodoh dan hanya mementingkan kepentingan sendiri,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolres dan jajaran serta anak buahnya mendapat kejutan dari Dandim 1504/Ambon, Letkol Fendri Navyanto Raminta bersama anak buah datang tiba-tiba di halaman Mapolres, dengan membawa tumpeng. Saling semprot dengan air dan lempar terigu diantara keduanya tak ter-elakan, Wakapolres Kompol Ferry Mulyana pun demikian, hingga saling suap tumpeng. “Ini diluar dugaan, kita tidak tahu sebelumnya. Ini wujud dari sinergitas TNI/Polri selama ini terjalin baik,” tukas Kapolres.  (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed