by

HL Prihatin, Warga Maluku Tak Patuhi Social Distance

-Parlemen-473 views

AMBON,MRNews.com,- Anggota DPR-RI fraksi Gerindra dapil Provinsi Maluku Hendrik Lewerissa (HL) prihatin melihat sikap warga di bumi raja-raja yang tidak mematuhi anjuran dan himbauan pemerintah yang meminta agar utamakan social distance atau jaga jarak sosial.

Pasalnya, himbauan itu dipandang positif dan sangat penting guna mencegah penyebaran coronavirus disease (Covid-19) ditengah masyarakat. Salah satunya dengan menghindari kerumunan atau keramaian dengan duduk berkumpul atau beraktivitas diluar rumah dalam waktu lama.

“Saya belum melihat ancaman penularan virus corona yang mematikan tersebut sebagai sesuatu yang mencemaskan bagi semua warga masyarakat di Maluku. Anda bisa lihat sendiri, masih banyak orang beraktivitas diluar rumah seperti biasa dan tidak menjaga jarak sosial,” jelas HL kepada media ini di Ambon, Kamis (26/3/2020).

Orang masih terlihat ada dalam kerumunan. Hal ini kata HL, membuatnya sangat prihatin dan miris seolah-olah ancaman corona bukan sesuatu yang nyata. Padahal himbauan pemerintah dan pemimpin umat melalui gereja dan masjid serta berbagai media komunikasi yang ada untuk mengingatkan masyarakat terhadap ancaman virus ini dan langkah apa yang harus dilakukan.

“Untuk melarang keluar rumah secara total adalah sesuatu yang tidak mudah untuk dilakukan. Sebab kondisi sosial ekonomi masyarakat tidak sama. Masih banyak keluarga pra sejahtera di Maluku dan yang pendapatannya untuk menafkahi keluarga masih bersifat harian. Artinya tiap hari orang harus kerja. Jika tidak maka tidak ada penghasilan guna menghidupi keluarganya,” jelasnya.

Baginya, tidak ada cara lain, kalau ingin menang perang melawan corona selain hanya dengan dukungan warga masyarakat yang secara disiplin mau menerapkan langkah-langkah aman mencegah penyebaran virus tersebut.

“Jaga jarak sosial atau social distancing, berdiam di rumah saja dengan memastikan lingkungan rumah dan halamannya bersih atau higienis. Jika harus keluar rumah, gunakan masker dan hindari bersalaman, serta selalu membersihkan tangan dengan sabun atau antiseptik,” pesan Ketua DPD Gerindra Provinsi Maluku. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed