Atlet Maluku Berprestasi Harus Segera Diangkat Jadi ASN

AMBON,MRNews.com,- Pemerhati olahraga Maluku yang juga wartawan senior, Rudi Fofid meminta perhatian pengurus provinsi (Pengprov) setiap cabang olahraga saat ini supaya membuat inventarisasi dan usulan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku, agar atlet-atlet Maluku yang punya prestasi nasional dan internasional bisa segera diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Pasalnya kata Fofid, atlet-atlet yang sudah menoreh prestasi, sebagian masih berstatus honor selama 10 tahun, dan sebagian lagi terpaksa hengkang ke daerah lain di Indonesia membela panji-panji provinsi lain.

“Rasa apa, anak daerah tidak disayang di daerah sendiri, dan sangat disayang di daerah lain?. Tidak adakah perhatian sedikit pun dari pengurus cabang olahraga dan pemerintah?. Padahal mereka telah berjuang, berdarah-darah dan bercucuran keringat serta air mata membawa nama Maluku di kancah nasional dan dunia. Tetapi rasa terima kasih, sebagai pejuang belum mereka dapat,” sebut Fofid yang juga budayawan itu kepada Mimbarrakyatnews.com di Ambon, Selasa (15/1/19).

Dirinya lantas berharap kiranya, daftar usulan tersebut sudah diproses sejak sekarang, sehingga pada saat Gubernur dan Wakil Gubernur baru Maluku, Murad Ismail-BarnabasOrno dilantik, para atlet sudah bisa langsung diproses jadi ASN.

Fofid lalu merincikan bahwa atlet-atlet ini yang harus diinventarisasi, diantaranya Ronald Letsoin (atletik), Julius Lumoly, Ralin Lumoly dan Stevi Nikolebu (tinju) yang masih berstarus honorer di Satpol PP Provinsi Maluku selama 10 tahun sejak Pengprov Pertina Maluku masih dipimpin Jopie Papilaya, hingga kini belum diperhatikan. Sementara, Viera Hetharie (atletik) sudah ASN, Rikwan Welerubun (atletik) menjadi TNI, Alfina Tehupeiory (atletik) sudah jadi Kowad, La Memo (sayung) sedang ikut pendidikan TNI AL.

“Daftar lengkap harus ada dari tiap cabang dan itu tugas Pengprov tiap Cabor segera lakukan. Jangan menunggu dan nanti. Supaya ketika Gubernur-Wagub baru dilantik mereka bisa langsung diproses jadi ASN,” tegasnya. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *