Atasi Kemacetan, Kota Ambon Bakal Tiru Brisbane

AMBON,MRNews.com,- Kota Ambon bakal meniru Kota Brisbane, Australia dalam mengatasi masalah kemacetan, dengan memanfaatkan layanan transportasi teluk CityCat, SpeedyCat, dan Feri yang diterapkan di Brisbane. Cara itu dirasakan bisa menjadi solusi atas kemacetan yang selama ini terjadi di Ambon. Bahkan, masalah itu masuk dalam bahasan di forum Asia Pacific Cities Summit (APCS) 2019 di Brisbane, Senin-Kamis (8-11/7/19).

Untuk merealisasikan layanan tersebut di Kota Ambon, Walikota Richard Louhenapessy bersama jajaran pimpinan organisasi pemerintah daerah (OPD) bertemu Dewan Kota Brisbane, guna membahasnya. “Kami bersama pak Walikota akan bertemu Dewan Brisbane untuk membahas terkait hal ini. Nanti hasilnya akan kita publish,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon, Robert Sapulette dalam rilisnya yang terima media ini, Selasa (9/7/19).

Dirinya meyakini layanan CityCat, bisa dipastikan akan menjadi salah satu solusi mengurai kemacetan. Sebabnya perlu mendapat informasi, saran dan pendapat dari Dewan Kota Brisbane yang sudah menerapkan lebih dahulu. Apalagi ada kesamaan karakteristik Ambon dan Brisbane dengan laut corongnya.

“Kesamaan karekteristik Kota Brisbane dan Ambon akan jadi salah satu solusi. Brisbane dengan sungai besar sukses mengurai kemacetan dengan layanan CityCat, SpeedyCat dan Ferry. Kita juga akan manfaatkan Teluk Ambon untuk membuat layanan serupa,” tegaas Sapulette.

Untuk diketahui, Dewan Kota Brisbane mengoperasikan sebanyak 21 armada CityCats dan 9 Feri Monohull (termasuk City Hoppers). Jaringan 25 terminal terbentang dari The University of Queensland di StLucia (UQSt Lucia), hingga North Shore Hamilton.

Sebagai bagian dari komitmen pemerintah menghadirkan jaringan transportasi umum kelas dunia, Dewan (DPRD) Brisbane memperkenalkan SpeedyCats pada September 2018. SpeedyCats menyediakan 100 layanan jam sibuk ekspres setiap minggu. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *