60 Hewan Qurban Diserahkan Pemkot ke Sejumlah Masjid

AMBON,MRNews.com,- Sebanyak 60 ekor hewan qurban terdiri dari 30 ekor sapi dan 30 ekor kambing diserahkan oleh pemerintah kota (Pemkot) Ambon ke sejumlah masjid di kota Ambon dalam rangka memaknai hari raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1440 H/2019 M, Sabtu (10/8/19). Salah satu masjid yang menerima bantuan qurban itu yakni masjid Al-Fatah sebanyak satu (1) ekor sapi besar berwarna coklat putih seberat 400 kg.

Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, A.G. Latuheru usai penyerahan mengatakan, seperti biasa menyongsong hari raya Idul Adha, Pemkot memberikan hewan qurban berupa sapi dan kambing kepada beberapa masjid untuk selanjutnya dapat disembelih dan dibagi pada waktunya kepada orang-orang yang membutuhkan. Ada yang sesuai dengan proposal yang diajukan tapi juga tidak dan untuk masjid Al-fatah tiap tahun diberikan Pemkot.

Selain masjid Al-fatah diakui Latuheru, beberapa masjid yang turut menerima bantuan hewan qurban empat diantaranya adalah masjid Al-Huda Ponegoro, masjid An-Nur Batu Merah, masjid Aster Tantui dan masjid di kelurahan Honipopu. Total keseluruhan adalah 60 ekor, sapi 30 ekor dan kambing 30 ekor.

“Sapi yang diserahkan ke masjid Al-fatah ini besar sekali, ditaksir kurang lebih 400 kilogram. Mudah-mudahan sampai besok saat sembeli dan pembagian dia sehat. Tiap masjid dibagi sesuai skalanya, beda-beda. Ada yang dapat ukuran qurban kecil dan besar. Lima masjid kita bagikan dan satu lokasi nanti semua imam masjid kumpul untuk kita serahkan simbolis, baru diambil. Semua ini kita lakukan bukan untuk cari nama, tapi tanggungjawab sosial yang diberi ke masjid oleh Pemkot untuk dibagi ke orang-orang yang membutuhkan,” ungkap Latuheru.

Sementara itu, imam masjid Al-fatah Ambon, ustad H. RR. Hasanussi mengaku, pihaknya menerima dengan sukacita bantuan hewan qurban dari Pemkot dan nantinya akan disembelih untuk dibagi kepada yang mustahig atau orang-orang kurang mampu di masjid, RS Al-fatah dan warga sekitar masjid.

“Yang memberi tentu kami doakan dapat pahala besar. Semoga Pemkot Ambon terus punya kepedulian yang sama kepada semua umat beragama dan masyarakat kota. Kami akan laksankannya sesuai syariah. Akan besok disembeli di hari raya dan kalau ada lebih bisa sampai 3 hari. Sejauh ini kita di Al-fatah sudah terima 10 ekor sapi,” pungkasnya. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *