50 Personil Satpol-PP Bantu Bawaslu Tertibkan APK

AMBON,MRNews.com,- Sebanyak 50 personil dari satuan polisi pamong praja (Satpol PP) Kota Ambon diturunkan untuk membantu badan pengawas Pemilu (Bawaslu) kota Ambon guna melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK) partai politik peserta Pemilu tahun 2019 di lima kecamatan. Pasalnya sudah memasuki masa tenang dan sesuai aturan, tidak boleh lagi ada APK yang terpasang di tempat-tempat umum.

“Penertiban itu kami bersama Bawaslu, karena sudah selesai masa kampanye dan masuk masa tenang, makanya seluruh APK harus dilepas. Kita punya personil sekitar 50 orang, yang ada turun dengan Bawaslu di semua kecamatan,” tandas kepala Satpol PP kota Ambon, Josias Loppies kepada media ini di Ambon via seluler, Senin (15/4/19).

50 personil Satpol PP yang diturunkan, diakui Josi, dibagi merata ke lima kecamatan dengan masing-masing mendapat 10 personil. Dengan waktu maksimal dua hari, tentu diupayakan penertiban bisa selesai sehari, tapi jika tidak maka besok dituntaskan karena APK banyak. 

“Kami upayakan hari ini harus semua kecamatan terjangkau, tapi kalau tidak bisa maka besok kita akan tuntaskan. Masih banyak APK yang belum lepas di seluruh wilayah,” tukasnya.

Sementara, anggota Bawaslu kota Ambon, Daim Baco Rahawarin mengaku, sejak pagi pihaknya dibantu Satpol PP kota Ambon serentak lakukan penertiban APK yang ada di lima kecamatan. Hal ini sesuai dengan perintah PKPU nomor 23 tahun 2018 tentang kampanye pemilihan umum, yang tidak membolehkan lagi APK terpampang di tempat-tempat umum pada masa tenang. Sehingga harus ditertibkan atau dibersihkan.

“Bersama Satpol PP sejak pagi kami mulai penertiban APK di lima kecamatan. Kita upayakan hari ini, tapi karena APK banyak. Bisa berlanjut di besok baru tuntas. Yang pasti kita maksimal lah,” terang Daim. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *