by

Mira Atihuta, Jadi GM Secretary Swissbell-Hotel Diusia Muda

AMBON,MRNews.com,- Usianya masih terbilnag cukup muda, baru 22 tahun. Namun Mira Sonya Atihuta, nona manis kelahiran 23 November 1997 itu kini telah dipercayakan sebagai General Manager (GM) Secretary Swissbell-Hotel Ambon sejak 24 Februari 2020.

Jelas posisi yang sangat strategis karena setiap harinya, lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura Ambon harus disibukan dengan persoalan administrasi dan agenda GM.

Belum lagi, jabatan rangkap dipercayakan kepadanya pada Front Office dan sebagai Sales Marketing Social Event.

Disitu, Mira punya tanggungjawab memastikan setiap event yang digelar di hotel bintang empat itu apakah wedding, gathering, birthday harus berjalan sempurna dan memuaskan customer. Namun karena PSBB, setiap event belum boleh digelar.

Tentu alumnus SMAN 4 Ambon itu harus mengusung ide kreatif dan menarik setiap waktunya agar juga menjadi daya tarik masyarakat, pebisnis bahkan instansi pemerintahan maupun swasta dengan menjadikan Swissbell-hotel Ambon pilihan pertama lokasi event apapun.

Menariknya lagi, Mira demikian dia sehari-hari disapa, baru memulai “petualangan” di Swissbell-hotel Ambon (SBAM) 26 Oktober 2019 atau belum genap setahun bekerja.

Dimana hingga 23 Februari 2020, lulusan SD dan SMP Kristen Harapan Denpasar-Bali itu masih diposisi Front Desk Agent. Awalnya, Mira hanya coba-coba sekedar tambah ilmu ketika diajak temannya. Tapi akhirnya terlanjur “jatuh cinta” didunia perhotelan.

Karena keuletan dan penampilan yang menarik dan detail, Mira langsung dinaikkan jabatannya langsung oleh GM sebagai secretary. Baginya, itu jadi tantangan tersendiri karena minim pengalaman. Mira enjoy karena bekerja tidak dalam tekanan tapi diajar, dituntun GM.

“Dulunya hanya diam, tidak pernah sapa tamu, kini diharuskan ceria, senyum didepan tamu, cepat akrab. Itu sebenarnya tantangan tersendiri karena sebelumnya tidak pernah. Sebab di Front Office hanya terima tamu tapi sekarang malah cari tamu. Susahnya disitu,” cerita lulusan SMPN 9 Ambon saat bincang santai di SBAM belum lama ini.

Karena tekad mau belajar dan dibantu rekan-rekan yang punya pengalaman, akhirnya awalnya introver sekarang jadinya Mira makin ekstrover. Sebab tuntutan kerja mengharuskan demikian apalagi sekelas hotel bintang empat.

“Jadi secretary GM memang berat dibanding Front Desk Agent. Tapi harus tetap welcome sama tamu dan administrasi GM dikendali saya. Memang harus hati-hati dalam bekerja juga karena rahasia perusahaan yang harus dijaga,” cetus Mira.

Meski masih usia muda, bagi Mira kunci konsisten bekerja dengan rekan-rekan yang diusia diatas dan pada posisi saat ini, harus saling menghargai dan menghormati satu sama lain, fokus dan tekun. (Iwan)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed