by

Dua Dari Tiga Warga Silale Positif COVID-19

AMBON,MRNews.com,- Sempat menolak di-Rapid Test, namun ternyata melalui hasil Swab Test, dua dari tiga warga Kelurahan Silale positif COVID-19. Satu orang lain baru akan lakukan Swab Tes. Masyarakat pun diminta tidak menolak hasil tracing dan tracking yang dilakukan tim dinas kesehatan (Dinkes) dan peneliti.

“Baiknya masyarakat tidak menolak hasil tracing dan tracking, karena yang dilakukan sesuai protap kesehatan dan penanganan COVID-19,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kota Ambon Joy Adriaansz dalam rilisnya yang diterima media ini, Sabtu (13/6/20) malam.

Informasi positifnya dua warga itu didapat dari tim Dinkes Ambon. Sebelumnya diketahi keduanya dan beberapa warga disana sempat menolak dengan alasan belum menerima hasil Swab konkrit terkait keluarganya yang terpapar.

Aksi protes terjadi dengan melibatkan beberapa warga lain yang berujung pada faktor kekuatiran yang semakin meluas.

“Bagaimana tidak, sekarang tim dari Dinkes harus kembali melakukan tracing dan tracking terhadap beberapa warga lain yang turut terlibat dalam aksi penolakan seminggu lalu itu. Dikuatirkan, akan ada warga lain yang juga kemungkinan tertular,” beber Joy.

Karena itu, untuk mempermudah pelacakan dan pemeriksaan, Gugus Tugas meminta masyarakat yang terlibat dalam aksi penolakan tersebut untuk segera melapor ke Puskesmas terdekat.

“Kami berharap adanya kesadaran dan kejujuran dari masyarakat, datang melaporkan diri untuk kemudian diperiksa. Lebih cepat lebih baik, karena ini menyangkut kesehatan dan keselamatan bersama,” harapnya.

Terkait data kedua warga positif itu, diakui, Dinkes Ambon dapat menyampaikan keterangan hasil Swab Test dimaksud sesuai permintaan pihak keluarga. Sementara satu warga lain baru akan mengikuti Swab Test. Dikarenakan pasien dalam kondisi hamil.

Sehingga program karantina yang sedianya dilakukan secara terpusat, untuk sementara dilakukan secara mandiri (di rumah) dan dipantau tim dari Dinkes TGPP COVID-19 Kota Ambon. (MR-02/MC)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed