by

Rakernas Jadi Momentum Optimalisasi IKAPATTI Bangun Unpatti & Maluku

AMBON,MRNews.com,- Rapat kerja nasional (Rakernas) I Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Alumni Universitas Pattimura (DPP IKAPATTI) menjadi momentum penting untuk memperkuat solidaritas dan optimalisasi potensi sumberdaya IKAPATTI dalam membangun Unpatti khususnya dan Maluku pada umumnya.

“IKAPATTI akan menjadi kekuatan bergaining buat Maluku dalam menjawab berbagai tantangan global di Indonesia,” kata Ketua DPP IKAPATTI Muhammat Marasabessy saat pembukaan Rakernas I IKAPATTI di auditorium Unpatti, Jumat (25/6).

Sebagai alumni terbesar di Maluku, pihaknya akui Marasabessy, siap menjadi lokomotif perubahan pada daerah dan memberikan kontribusi pemikiran serta bekerja sama dengan pemerintah maupun swasta dalam berbagai bidang.

Untuk itu, dikatakan, IKAPATTI menggagas program prioritas dalam kepengurusan yaitu IKAPATTI peduli baik dibidang kesehatan, pendidikan, hukum maupun agama. Dimana secara detailnya, akan dirampungkan dalam Rakernas.

“Solidaritas antar alumni akan kita perkuat dengan identifikasi alumni diseantero Indonesia dan dunia dengan memanfaatkan jaringan yang ada. Kami akan percepat pembentukan pengurus di provinsi-provinsi dan kabupaten-kota. Semua akan kita maksimalkan bagi kemajuan Unpatti dan Maluku,” terangnya.

Sementara, Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno berharap, pelaksanaan Rakernas ini dapat dimanfaatkan sebagai momentum strategis dan menjadi wadah bagi para alumni Unpatti untuk menyatukan tekad dan semangat dalam meningkatkan peran organisasi terhadap kemajuan Maluku.

“Pemerintah saat ini terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengurangi angka kemiskinan serta menjaga dan mengelola potensi sumber daya alam yang dilakukan secara bertahap, sesuai visi pembangunan,” ujar Wagub saat membuka Rakernas.

Manurutnya, dalam upaya mewujudkan visi tersebut, pemerintah pun harus bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan, serta memanfaatkan berbagai potensi sumber daya manusia Maluku, termasuk juga bersama organisasi IKAPATTI.

Wagub merasa optimis dengan peran yang akan diemban DPP IKAPATTI, mengingat potensi alumninya telah diakui dan berhasil menduduki jabatan strategis di lembaga pemerintahan pusat maupun daerah, demikian juga pada dunia usaha dan swasta.

“Saya meminta dukungan dari alumni Unpatti melalui DPP IKAPATTI untuk mendukung sepenuhnya langkah dan upaya yang dilakukan pemerintah daerah, termasuk menyiapkan dan membangun kekuatan sumber daya manusia alumni dan civitas akademika Unpatti,” pinta Orno.

Rektor Unpatti Marthinus Saptenno juga menegaskan, Rakernas ini jadi pertanda IKAPATTI hadir bukan saja jadi formalitas tapi ada ide-ide yang digagas untuk diterjemahkan dalam program hingga 2025, sejalan dengan tema solidaritas dan optimalisasi sumberdaya IKAPATTI untuk membangun negeri yang sangat tepat.

“Program yang digagas lewat IKAPATTI peduli sangat relevan dengan kondisi saat ini. Program jelas harus berorientasi permasalahan di Maluku dan Unpatti serta bernilai ekonomi tinggi, mandiri dan berdaya saing. Permasalahan yang ada di Maluku, tentu Unpatti tidak tinggal diam, perlu bersinergi dengan IKAPATTI,” harap Saptenno.

Sebelumnya, ketua panitia Rakernas I IKAPATTI Victor Palijama mengaku, Rakernas akan diikuti pengurus DPP, dewan pembina, dewan pakar, dewan kehormatan serta pimpinan fakultas se-Unpatti di Pacifik hotel

Pada kesempatan pembukaan Rakernas, pengurus DPP IKAPATTI memberikan bantuan Rp 100 juta bagi renovasi empat (4) rumah ibadah diseputaran kawasan Unpatti dengan masing-masing mendapat Rp 25 juta. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed