by

Pangdam Berkurban Untuk Masyarakat Ambon, Seith & Kei di Jakarta

AMBON,MRNews.com,- Jelang perayaan Idul Adha 20 Juli mendatang, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Jeffry A. Rahawarin menyerahkan sejumlah hewan kurban berupa sapi dan kambing untuk masyarakat kota Ambon, Minggu (18/7).

Penyerahan hewan kurban berupa satu ekor sapi dilakukan di Masjid Al Fatah-Ambon yang diterima Imam besar H. Hasanussi.

Selepas itu, Pangdam melakukan hal serupa di Negeri Seith di Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah (Malteng). Dimana warga negeri Seith ini masih ada garis keturunan dengan masyarakat suku Kei.

Didepan masyarakat setempat, Pangdam mengatakan, hewan Kurban yang diserahkan ini sebagai simbol kebersamaan, antara dirinya dan masyarakat Seith.

“Teruntuk basudara umat Muslim yang akan menyambut Idul Adha, penyerahan hewan Kurban ini sebagai wujud persatuan dan kebersamaan antar sesama. Semoga menjadi pahala yang diterima Allah SWT” kata Jenderal Bintang Dua itu.

Sementara itu, ulama asal Negeri Seith Habib Rizqi Al Hamid yang juga adalah sahabat karib Pangdam, mengucapkan terima kasih atas kepedulian kepada warganya dengan disalurkan hewan Kurban.

“Saya mewakili masyarakat Seith dan seluruh ulama di Maluku ucapkan banyak terima kasih, atas jalinan kebersamaan dengan bapak Pangdam yang diawali sejak Idul Fitri lalu hingga saat ini. Semoga silaturahmi dengan Kodam Pattimura bisa berlanjut untuk seterusnya,” ujarnya.

Tak hanya berkurban, Jenderal Jeffry juga berkesempatan melihat benda-benda peninggalan yang menunjukkan asal muasal nenek moyang keturunan negeri Seith milik nenek Bin Uas yang berasal dari Kei masih tersimpan rapi di rumah tua sejak tahun 800-an.

Selain pada kedua lokasi itu, putera asli Kei itu juga menyerahkan hewan qurban satu ekor sapi untuk Makodam XVI/Ptm, satu ekor kambing untuk masyarakat Kei di Ambon dan satu ekor kambing untuk pemuda Kei di Jakarta. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed