by

Naiknya Angka Meninggal Covid-19, Akibat Kurang Jujur & Terbuka

AMBON,MRNews.com,- Naiknya angka meninggal akibat COVID-19 di Kota Ambon dalam beberapa waktu terakhir disebabkan kurang jujur dan terbukanya warga tentang gejala-gejala tertular virus Corona.

Hal itu diakui Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon Wendy Pelupessy.

“Tidak terbukanya warga tentang gejala yang dialami itu, yang membuat angka kematian akibat COVID-19 meningkat,” kata Wendy di Ambon, Kamis (15/7) .

Menurutnya, jika warga mau berkata jujur dan terbuka tentang gejala-gejala yang dialami, kemudian bisa dilaporkan ke fasilitas kesehatan (Faskes) kemungkinan besar peningkatan kasus kematian bisa dikendalikan.

“Dengan begitu dia bisa tertolong lebih cepat. Dan ketika dia sembuh atau meninggal pun, sudah dalam keadaan sembuh dari covid, tidak lagi dalam keadaan terkonfirmasi Corona,” jelasnya.

Oleh sebab itu, Wendy berharap, warga bisa terbuka, jangan takut untuk jujur, karena ini demi kebaikan dan keselamatan diri maupun orang lain.

Apalagi lanjut dia, penyakit comorbid atau penyakit penyerta, tidak akan membawa seseorang dengan cepat pada tingkat kematian atau meninggal.

“Jika protokol kesehatan (Prokes) itu dilaksanakan dengan baik, dan berani terbuka bagi warga, saya yakin, korban meninggal akibat corona tidak akan meningkat signifikan seperti sekarang, ” terangnya.

Olehnya itu, Wendy meminta masyarakat untuk lebih meningkatkan Prokes dan bisa terbuka, jika ada gejala yang dialami, supaya cepat ditangani guna mengantisipasi tingginya tingkat kematian.

“Kami juga berharap Prokes itu harus ditingkatkan, serta harus vaksinasi biar lebih aman dari penularan. Jika keduanya berjalan bersama, bukan tidak mungkin angka kasus positif dan meninggal bisa kita tekan, bahkan Pandemi ini bisa berakhir,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed