by

Kuti Kata; ITU SU TUGAS, JADI MUSTI BIKING (2 Sam. 5:1-4)

-Tajuk-115 views

AMBON,MRNews.com,- “Mau ada apa ka apa ka, kalu su jadi tugas musti biking babae” (=entah apa kondisinya, jika sudah menjadi tugas, harus dikerjakan dengan baik).

“Apalai kalu itu par orang banya, jang tola, lalu ator babae” (=apalagi jika untuk orang banyak, jangan ditolak, aturlah dengan baik).

“Ingatang, kalu orang su taru parcaya par pikol hahalang basar tuh, kasih bahu deng jang barsungut” (=ingatlah, jika orang telah mempercayakan anda memikul tanggungjawab yang besar, berilah diri dan jangan bersungut).

“La kalu mangaku, jang kira itu asal mulu pung mau sa” (=dan jika anda sudah mengaku, itu bukan di bibir saja), “itu musti datang dar’ hati” (=harus datang dari hati) “supaya eso lusa, akang pung pait musti talang, akang manis musti bage-bage” (=supaya kelak, telanlah segala kepahitannya.

Dan bagikanlah semua yang manis), “itu su jadi pakeang orang yang dapa prentah par tugas basar” (=itu sudah menjadi bagian/hakekat dari mereka yang mengemban tugas besar/mulia).

Ada juga nasehat “manis jang langsung talang, pait jang langsung buang” (=yang manis jangan langsung ditelan, yang pahit jangan langsung dibuang).

“Inga e, itu supaya jang talalu turut orang yang suka par cari muka, la jang bahati par yang suka kas inga kalu ale ada biking salah” (=ingat ya, itu agar anda jangan terlalu mendengar mereka yang suka memuji-muji saja, lalu mengabaikan tukang kritik).

“Tagal orang bae tuh yang suka tagor katong kalu ada salah” (=orang yang baik itu yang suka menegur ketika kita melakukan suatu hal yang salah).

Lalu “dong bilang muka muka” (=dan mereka mengatakannya di depan anda/secara berterus terang).

Jadi, “kalu itu su tugas, musti biking babae” (=jika itu sudah tugasmu, kerjakanlah secara baik). “Umur mau muda ka calakate ka tua ka, kalu su tugas, musti biking” (=tanpa memandang usia, jika itu tugasmu, kerjakanlah).

“Mau pegang prentah brapa lama, tar soal, yang penting jang biking tugas deng hati stengah” (=berapa lama masa tugasnya tidak masalah, yang penting jangan bekerja dengan separuh hati). “Kasih diri sungguh-sungguh” (=berilah diri sepenuh hati).

Selasa, 6 Juli 2021
Pastori Ketua Sinode GPM Jln Kapitang Tulukabessy-Ambon
Elifas Tomix Maspaitella (Eltom). (**)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed