by

Seminggu Kedepan, Hujan Sedang-Lebat Guyur 6 Kab/Kota

-Maluku-169 views

AMBON,MRNews.com,- Balai besar meteorologi, klimatologi dan geofisika wilayah IV merilis prospek cuaca tujuh hari kedepan diwilayah Maluku. Dimana sesuai analisis kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukkan terjadinya peningkatan aktifitas potensi pertumbuhan awan hujan diwilayah Maluku.

Kepala balai besar BMKG wilayah IV-Makassar Darmawan mengungkapkan, dalam tiga hari kedepan (18-20 Juli 2020), hujan dengan intensitas sedang hingga lebar berpotensi terjadi diwilayah kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Seram Bagian Barat (SBB) dan Seram Bagian Timur (SBT).

Sedangkan pada 21-24 Juli 2020 hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi selain di Malteng, SBB dan SBT, tetapi juga di Kota Ambon, Buru dan Buru Selatan (Bursel).

“Hasil pantauan itu sesuai kondisi atmosfer secara umum yang terpantau pada 16 Juli. Ada tekanan udara diwilayah Indonesia pada umumnya sekitar 1008-1010 hPa. Terpantau adanya pola sirkulasi di Selat Malaka,” jelasnya dalam rilis yang diterima media ini, Sabtu (18/7).

“Kemudian suhu muka laut umumnya berkisar antara 25,0 derajat celcius-32,0 derajat celcius dengan anomali suhu muka laut +1,0 derajat celcius+ 3,0 derajat celcius, serta pola angin wilayah Indonesia umumnya bertiup dari arah timur laut-tenggara, dengan kecepatan angin rata-rata berkisar antaran 5-30 knot,” sambung Darmawan.

Selain itu, masyarakat dihimbau agar mewaspadai gelombang tinggi diperairan sekitar Maluku.

“Waspada gelombang kategori sedang dengan tinggi 1,25 meter hingga 2,5 meter berpepelung terjadi di laut SBT, perairan Buru, Ambon-Lease, Selatan Seram, laut Banda dan selatan SBT, perairan kepulauan Babar, Kai, Aru, Tanimbar dan laut Arafuru,” tandasnya.

Selanjutnya waspada juga gelombang dengan kategori tinggi 2,5 meter hingga 4,0 meter yang berpeluang terjadi di laut Banda utara dan Selatan bagian Barat.

“Masyarakat dan pengguna layanan transportasi darat/laut/udara dihimbau tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang bisa timbul dari curah hujan tinggi, angin kencang dan gelombang tinggi dalam sepekan seperti potensi banjir, genangan, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang dan keterlambatan jadwal penerbangan/pelayaran,” tutupnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed