by

Dinding Museum Siwalima “Disulap” 53 Pemural

-Maluku-134 views

AMBON,MRNews.com,- Dinding Museum Siwalima-Air Salobar yang awalnya masih polos, benar-benar “disulap” 53 pemural menjadi sebuah gambar atau lukisan yang memiliki pesan moral penting sejalan dengan tema HUT ke-445 kota Ambon yaitu Ambon Sehat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon Lucia Izaak mengaku, meski Covid-19 terus menghantui, tapi lomba Mural yang bertujuan mengkampayekan Ambon sehat melalui pencegahan penularan Covid-19 dan mewujudkan lingkungan hidup bersih, hijau dan sehat dalam bentuk seni rupa.

“Lomba Mural memberi ruang ekspresi bagi generasi muda. Tema Ambon sehat sebagai jawaban atas penyebaran terus meningkat. Selain itu beberapa masalah lingkungan hidup juga sebagai tema dalam rangka work cleaning update atau gerakan aksi bersih -bersih sedunia tahun 2020 19 September,” jelasnya, Kamis (17/9).

Lukisan mural yang dilombakan kata dia, mengandung pesan moral yang menginspirasi dan ajakan positif. Sehingga tidak saja menyertakan peserta umum 37 orang, tetapi juga siswa SMP 10 peserta dan SMA 6 peserta untuk mengembangkan kreatifitas dalam berkarya dibidang seni lukis.

Sementara wakil walikota Ambon Syarif Hadler berharap ide dan gagasan yang dituangkan ditembok ini untuk inovasi, edukasi kepada masyarakat agar mencintai protokol kesehatan dan lingkungan. Karena kebersihan pangkal kesehatan dan iman. Sebab Ambon ini manis dan indah, maka tugas warganya menjaga dan memberi indah.

Bagi Hadler, juara bukanlah tujuan, tapi adalah bonus. “Kanvaskan, dindingkan. Camkan, tanamkan dipikiran gambar yang akan saudara lukis sesuai tema Ambon sehat dan juga lingkungan yang sehat,” pesannya saat membuka lomba Mural diarea museum Siwalima.

Maka pada dinding ini berekspresilah dalam bentuk mural. “Saudara adalah pahlawan kesehatan, pahlawan lingkungan kota ini. Karena saudara yang terpilih dari beribu orang yang hari ini berpartisipasi untuk mengikuti lomba mural dengan hadiah cukup lumayan,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed