by

Ambon Masih di Zona Orange, Dinkes Maksimalkan 3T

AMBON,MRNews.com,- Berdasarkan data satuan tugas (Satgas) Covid-19 nasional per 3 Januari 2021 tentang zonasi resiko Covid-19, Kota Ambon dan 7 Kabupaten/Kota lainnya di Maluku masih berada dizona orange atau kategori sedang.

Dengan skoring naik pada posisi 2,07. Dinas kesehatan (Dinkes) kota Ambon pun memastikan terus maksimalkan 3T yaitu tracing, treatment dan tracking.

“Skoring katong naik ke 2,07 dan tetap masih dizona orange. Tapi kalau misalnya katong mau masuk dizona kuning berarti minimal skoring 2,5. Artinya ada interval 0,43. Upaya untuk menaikkan skoring itu dengan tetap maksimalkan Tupoksi kita yaitu 3T,” tandas kepala Dinkes kota Ambon Wendy Pelupessy kepada awak media di Balaikota.

Terlepas dari kerja Dinkes itu menurut Wendy, tugas Satgas Covid-19 kota Ambon adalah bagaimana mengedukasi masyarakat agar tetap konsisten menjalankan protokol kesehatan (Prokes) sehingga bisa menurunkan angka penularan/penyebaran Covid-19 di kota Ambon.

“Jadi katong lihat dari positivity rate. Makin turun positivity rate berarti katong punya skors semakin naik. Ada 3 indikator yang mempengaruhi yaitu positivity rate, angka kesembuhan dan angka kematian. Kalau angka kesembuhan tinggi tapi kalau angka kematian juga tinggi otomatis skors turun. Karena yang mempengaruhi besar itu angka kematian,” jelasnya, Rabu (6/1/2021).

Artinya evaluasi saat ini, diakui Wendy, Kota Ambon punya angka kesembuhan semakin baik. Tapi yang jadi masalah positivity rate atau tingkat penularan masih tinggi. Tingginya tingkat penularan itu yang harus ditekan dibawah 5 persen untuk indikator WHO. Sebab positifity rate kota Ambon masih tinggi sekitar 20 persen.

Sehingga harapannya dengan PSBB yang terus berlanjut pada transisi ke-12 ada kesadaran masyarakat untuk menjalankan Prokes secara baik. Apalagi walaupun ada vaksinasi Covid-19, tetap Prokes harus tetap dijalankan.

“Sebab vaksin tidak menjamin seluruhnya karena vaksin adalah upaya pencegahan. Yang utama adalah Prokes Covid-19 dijalankan yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan,” pungkas Wendy. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed