by

Tingkat Kematian Naik, Ambon Masih di Zona Orange

AMBON,MRNews.com,- Tingkat kematian akibat terpapar Covid-19 naik beberapa hari terakhir ini di Kota Ambon usai penambahan tiga kasus baru per 14 Maret 2021 mencapai 63 jiwa.

Namun, hal itu belum mempengaruhi posisi Kota Ambon yang masih tetap berada dizona orange serta skoring zonasi Covid-19.

“Setahu saya skoringnya masih kaya kemarin saja, yang baru belum ada. Demikian juga zonasi masih tetap dizona orange,” akui Walikota Ambon Richard Louhenapessy kepada awak media disela-sela peninjauan vaksin massal di Gedung Sporthall Karang Panjang, Selasa (16/3).

Atas kondisi itu, sebut Louhenapessy, pihaknya pasti akan terus melanjutkan PSBB transisi dengan meningkatkan operasi Yustisi pada sejumlah titik utama sering terjadinya pelanggaran di Kota Ambon

“Operasi yustisi tetap ditingkatkan. Langkah itu guna mengedukasi masyarakat untuk tetap mentaati protokol kesehatan apabila sedang berada atau beraktifitas diluar rumah,” jelas politisi Golkar itu.

Meningkatnya kasus kematian, diakuinya juga salah satunya karena terlambat penanganan medis, apalagi sakit kronis.

Sebab itu, diminta kepada warga Kota Ambon agar tidak takut memeriksakan diri ke dokter bila sudah sakit.

“Bila penanganan lebih awal kemungkinan buruk pun tidak akan terjadi. Ini karena orang takut jangan kalau pigi begini apalagi masuk bilang ada yang meninggal hasilnya ternyata negatif. Dia punya kuburan dibongkar lagi, kan semua jadi overlaping, dari segi pemerintahan,” harap Louhenapessy.

Juru bicara Satgas Covid-19 Kota Ambon Joy Adriaansz menambahkan, Satgas kota masih menunggu evaluasi Satgas nasional terkait zonasi dan skoring terhadap tingginya angka kematian.

“Untungnya katong skoring kemarin sudah 2,23 sehingga kalaupun turun katong masih tetap dizona orange. Tapi katong tetap tinggu evaluasi Satgas nasional. Biasanya tiap Senin mereka rilis, Selasa dapat,” ungkap Joy yang juga Kepala Dinas Kominfo-Sandi Kota Ambon.

Lebih lanjut sambungnya, tingkat kematian pengaruhnya terhadap zonasi terlalu besar, meski ada kesembuhan.

“1 saja tingkat kematian itu berdampak pada katong punya skoring walau katong angka kesembuhan tinggi,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed