by

Lantik Raja Hutumuri, Walikota Minta Tak Ada Pesta

-Kota Ambon-632 views

AMBON,MRNews.com,- Freddy Waas dilantik oleh Walikota Ambon Richard Louhenapessy sebagai Kepala Pemerintah (Raja) Negeri Hutumuri masa jabatan 2020-2026 di ruang Unit Layanan Administrasi Pemerintah Kota Ambon, Jumat (20/3/2020).

Pelantikan Waas berdasarkan surat keputusan (SK) Walikota Ambon nomor 156/2020 tertanggal 12 Maret 2020. Hal itu sekaligus mengakhiri masa kerja Marcus Korselly sebagai penjabat Kepala Pemerintah Negeri Hutumuri yang bertugas kurang lebih 1 tahun 3 bulan.

Hadir Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler, Sekretaris Kota Ambon A.G Latuheru, anggota DPRD Kota Ambon, pimpinan organisasi pemerintah daerah (OPD) Pemkot, Saniri Negeri Hutumuri, Gandong dari Negeri Tamilouw dan Siri Sori Islam, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama.

Pada kesempatan itu, Walikota Ambon menyesalkan pelantikan tidak terjadi secara formal di Baileo Negeri. Sebab situasi mengharuskan harus menyesuaikan karena mewabahnya virus Corona yang membatasi kerumunan orang banyak. Namun hal itu sama sekali tidak mengurangi nilai hikmat, kesakralan dan formalitas.

Pelantikan ini sebutnya, implementasi dari Perda tentang negeri-negeri adat. Karenanya pemerintah kota (Pemkot) sangat hati-hati menetapkan dan menentukan raja-raja di Kota Ambon.

“Walau Hutumuri terlambat tapi kita berupaya meletakkan tatanan adat istiadat dan budaya di Kota Ambon secara baik dan benar. Dalam waktu dekat kita akan lantik juga kepala pemerintahan salah satu negeri adat di kota Ambon. Pemkot berupaya tidak mau buat kesalahan menentukan struktur negeri adat,” jelas Walikota.

Kepada Raja Hutumuri, Louhenapessy meminta agar dapat memanfaatkan dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) sebaik mungkin bagi kepentingan negeri Siwasuru Amalatu. Jika tidak tahu, maka harus bertanya ke bagian pemerintahan dan bagian keuangan sehingga bisa diarahkan. Sebab kelalaian atas pengelolaan DD-ADD, berujung masalah hukum.

“Saya minta kepada Raja dan seluruh masyarakat Hutumuri agar tidak melakukan pesta pasca ini. Sebagai bentu empati kita semua terhadap kondisi bangsa yang saat ini serius menangani virus Corona, termasuk di Kota Ambon,” harap politisi Golkar itu. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed