by

Siswa SMA dan SMK Sederajat di Kabupaten Buru Siap Ujian Sekolah

NAMLEA, MRNews.com.- Sebanyak 2.126 siswa dan siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sederakat yang berada di 10 Kecamatan di Kabupaten Buru, siap mengikuti ujian sekolah (US) selama kurun waktu Satu Minggu yakni yang dimulai Senin, 15 Maret – Selasa 23 Maret.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Kabupaten Buru, Ibrahim Sukunora mengatakan peserta siswa yang akan mengikuti US pada sekolah masing- masing berjumlah 2.126 orang terdiri dari 15 SMA sederajat dengan jumlah siswa sebanyak 1.571 orang, sedangkan Sembilan SMK yang siap mengikuti US itu berjumlah 555 orang.

“Sesuai surat edaran Kementrian pendidikan dan kebudayaan RI nomor 1 tahun 2020 tentang, peniadaan Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan serta pelaksanaan ujian sekolah (US) dalam masa darurat penyebaran covid-19 maka hanya dilakukan ujian sekolah ” kata Sukunora.

Atas dasar surat edaran yang dikeluarkan Menteri Pendidikan RI maka, akan ditindaklanjuti Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku dengan nomor surat 423.7/326/2021 tentang pelaksanaan ujian sekolah dan kenaikan kelas tahun ajaran 2020- 2021.

Setelah menerima surat edaran baik itu dari Kementrian RI maupun Kadis Pendidikan Maluku, maka Dinas cabang pendidikan kabupaten ini akan akan melakukan rapat koordinasi melibatkan semua Kepsek di 10 kecamatan dikabupaten ini dengan harapan, bagaimana dilaksanakan presepsi yang sama terkait dengan teknik- teknik pelaksanaan UN serta ketentuan persyaratan kreteria kelulusan peserta didik.

Selain itu tambah Sukunora, dalam pembahasan tentang prosedur/ Dokumen UN terkait dengan soal ujian, maka seluruh soal ujian itu akan disusun bersama dalam kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan seterusnya bahan ujian itu akan dicetak pada mesin percetakan yang ada di Kota Ambon.

Sukunora, berharap tetap menjaga protokol kesehatan dengan mengedepankan 4 M yakni: menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan.

” Selanjutnya, pentahapan ujian sekolah nanti Kami dari Dinas cabang pendidikan Buru akan melakukan pemantauan selama kurun waktu Satu minggu pada masing- masing sekolah yang ikut dalam ujian sekolah dan hasil dari kelulusan itu akan dikembalikan kepada pihak sekolah masing- masing.(MK-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed