by

September-Desember, Dukcapil Lakukan Pemutakhiran Data Warga Kota Ambon

AMBON,MRNews.com,- Data menjadi sangat penting bagi suatu daerah khususnya pemerintah, termasuk oleh  pemerintah kota (Pemkot) Ambon yang data based penduduknya saat ini belum lengkap.

Karena itu, dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Dukcapil) memandang perlu lakukan pemutakhiran data penduduk agar menjadi lengkap dan valid yang bisa dipakai sebagai rujukan termasuk untuk proses pemilihan umum (Pemilu) 2024, dari September-Desember 2021.

Kepala Disdukcapil Kota Ambon Marsela Haurissa menegaskan, proses data ulang atau pemutahiran, sudah berjalan sejak September lalu dan skan berlangsung hingga Desember mendatang.

“Database kita ini belum lengkap. Maka seluruh masyarakat kota Ambon akan didata ulang melalui RT/RW. Hal ini juga dalam kepentingan menjelang Pemilu 2024,”kata Haurissa kepada awak media di Ambon, Minggu (3/10).

Maksud dari data base belum rampung adalah kata Haurissa, masih ada orang yang sudah meninggal, dan pindah domisili, namun datanya masih terdaftar di Disdukcapil Ambon.

Lebih lanjut, diakuinya, dalam pemutakhiran database, pihaknya akan menyiapkan data induk per Desa atau Kelurahan, yang didalamnya tersampaikan ke RT/RW.

“Nanti RT maupun RW mendata setiap keluarga. Biar kita dapat data bersihnya. Jadi pemutakhiran database ini, bukan saja nanti bersih di lingkup kami. Tetapi, bersih di database Desa maupun Kelurahan,”ujarnya.

Pihaknya menurut Haurissa, akan berusaha agar pemuktahiran data penduduk tersebut bisa selesai di tahun 2021. Sehingga memasuki 2022 tidak ada lagi data invalid.

“Kita akan upayakan dalam waktu dekat semuanya sudah bersih dan rampung.
Sisa berapa bulan jelang 2022 ini, sudah harus selesai. Intinya, semua harus tuntas sebelum Pemilu 2024,” tegasnya.

Terkait warga kota yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik (E-KTP) pihaknya telah melakukan program jemput bola atau turun sampai desa kelurahan. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed