by

Sembuh Covid-19, Besok Walikota Ambon & Keluarga Keluar RS

AMBON,MRNews.com,- Setelah menjalani isolasi terpusat di RSUP dr Leimena Ambon sejak 27 Juli 2021 lalu karena terpapar Covid-19, besok 7 Agustus 2021, Walikota Ambon Richard Louhenapessy, isteri dan salah satu anaknya akan keluar RS.

“Besok, pa Walikota dan keluarga dua orang sudah keluar RS yah,” tandas Direktur utama RSUP dr Leimena dr Celestinus Munthe kepada media ini via seluler, Jumat (6/8/2021).

Ketiganya kata Munthe, akan pulang setelah menjalani perawatan kurang lebih 10 hari dan karena gejala utama Covid-19 sudah tidak ada atau sembuh.

“Kita berdoa semua lancar yah. Saya ada zoom. Nanti besok cek. Besok sudah keluar RS itu, kondisi beliau dan keluarga sangat baik,” singkatnya.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy yang coba dihubungi via WhatsApp membenarkan dirinya bersama isteri dan anaknya akan pulang dari RS, Sabtu besok.

“Iya, besok (pulang-red). Mohon doanya yah semua kita tetap sehat, Ambon cepat pulih,” tandasnya, Jumat malam.

Sebelumnya, Munthe beberapa hari lalu katakan, membaiknya kondisi orang nomor satu di kota Ambon lantaran, didalam ruangan isolasi yang sama ada pula isteri dan anaknya. Itu hal positif, karena ketiganya saling dukung dan memberi semangat.

“Kondisi beliau sudah semakin membaik. Demikian juga isteri dan anaknya. Mereka satu ruangan bertiga, kondisinya terus membaik,” jelasnya.

Dikatakan, sesuai aturan revisi kelima penatalaksaan Covid-19 yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), walau sebelumnya ada gejala, tapi Walikota akan menjalani isolasi di RSUP Leimena selama 10 hari.

Nanti setelah 10 hari, sambungnya, gejala hilang atau bebas gejala Covid-19, maka Walikota sudah layak dinyatakan sembuh kembali tanpa perlu dilakukan PCR atau Swab Antigen.

“Setelah 10 hari bebas gejala, maka dinyatakan sembuh. Hal itu berlaku untuk semua pasien Covid-19, tak hanya beliau ” jelasnya.

Munthe mengaku, Walikota baru melakukan PCR 1x yang hasilnya positif. Jika aturan sebelumnya, hari ke-10 baru lakukan Swab Antigen, tapi saat ini tidak lagi dilakukan sesuai revisi kelima Kemenkes untuk penatalaksanaan Covid-19.

“Sesuai hasil revisi aturan Kemenkes itu, kita tidak lagi tergantung pada hasil PCR. Tetapi 10 hari setelah lepas dari gejala maka dinyatakan sembuh,” tegasnya.

Bahkan, sambung Munthe, Walikota dan pasien lainnya tidak perlu lagi melakukan isolasi mandiri di rumah, karena sudah sembuh maka bisa kembali beraktifitas. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed