by

Belum Semua Warga Punya Android, Latuheru: Barcode di Angkot Tak Wajib

AMBON,MRNews.com,- Penggunaan barcode dalam kaitan pembayaran tarif angkutan transportasi umum ini tak wajib. Dikarenakan tidak semua warga di kota ini memiliki android, dan paham sistem penggunaan barcode.

“Terkait pemanfaatan barcode pada angkutan umum itu masih berupa anjuran, jadi tidak wajib. Siapa saja mau bayar dengan android, dengan barcode itu silahkan,” ungkap Sekretaris Kota Ambon, A. G Latuheru kepada wartawan di Ambon, Senin (1/11).

Apabila memang tidak miliki HP android, warga kota kata Latuheru, masih tetap diperbolehkan membayar tunai.

“Kalau yang belum mau bayar pakai Android tapi secara tunai tidak ada masalah, ini uji coba dan ini adalah langkah-langkah yang diambil,” katanya.

Pihaknya akui Latuheru, masih sementara mengkaji regulasi. Apabila pelaksanaan ini resmi menjadi kewajiban dengan dasar peraturan Walikota yang mengikat maka kota ini dapat menuju Smart City.

“Kan kita baru mau uji coba nanti. Harapan saya kita sementara kaji dari sisi regulasi mudah mudahan regulasi itu dia rampung, ya besok kita launching,” ungkapnya.

Latuheru berharap melalui hal-hal seperti ini, Ambon dapat menuju smart city atau kota pintar. Sebab wujud kota pintar adalah masyarakat tidak melek teknologi, lakukan penyesuaian dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Memang belum menjadi kewajiban yang mesti dilakukan. Tapi kita berharap karena ini sudah Ambon menuju smart city, maka mau tidak mau harus kita penyesuaian dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sebagai kota maju dan pintar,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed