by

Pendampingan Masyarakat IPDN Dilakukan di Kecamatan Sirimau & Nusaniwe

-Kota Ambon-54 views

AMBON,MRNews.com,- Pendampingan masyarakat perkotaan oleh lembaga pengabdian masyarakat (LPM) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) akan dilakukan pada 2 (dua) kecamatan, yaitu kecamatan Sirimau dan Nusaniwe. Dimana untuk Sirimau melibatkan Kelurahan Amantelu, Batu Gajah, Batu Meja dan Kelurahan Ahusen. Sementara Nusaniwe terdiri dari Kelurahan Waihaong, Silale, Wainitu dan Kelurahan Benteng.

Hal itu terealisasi seiring dengan penandatangan nota kesepakatan atau memorandum of understanding (MoU) bersama IPDN dan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon lewat Wakil Walikota, Syarif Hadler, tentang pendampingan masyarakat perkotaan, di ruang rapat Lantai II Balaikota Ambon, Kamis(12/7/2018).

Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler sebelum membuka kegiatan tersebut mengaku, Pemkot Ambon menyambut baik kegiatan pendampingan masyarakat perkotaan yang dilakukan LPM IPDN. Dalam paparan kepada pihak IPDN, Hadler lantas menjelaskan visi-misi Kota Ambon dalam periode lima (5) tahun kedepan berbasis Ambon Smart City yang tercermin dalam Ambon Smart Publik Service, Smart Officer Service dan Smart Rule Service.

Sedangkan Gubernur IPDN, Ermaya Suradinata menegaskan, program pendampingan masyarakat perkotaan ke Kota Ambon, karena keinginan dari lembaga yang dipimpinannya untuk membantu Pemkot Ambon melalui keilmuannya karena sama-sama berangkat dari visi yang serupa yaitu menjadikan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang cerdas.

Sementara itu, Kepala LPM IPDN, Bayi Priyono dalam laporannya mengaku, kegiatan pendampingan masyarakat perkotaan dimaksudkan agar LPM IPDN bisa mengaktualisasikan peran tri dharma perguruan tinggi melalui pengabdian kepada masyarakat. Selanjutnya sebagai media aktualisasi keilmuan, prakter penyelenggaraan pemerintahan dalam memberikan perspektif baru dan solusi.

Disamping itu, lanjut Priyono, kegiatan ini juga berfungsi sebagai media bagi para dosen IPDN mengkombinasikan antara teori dan problematika pemerintahan. Karena itu, diharapkan pendampingan masyarakat perkotaan yang dilakukan pada dua kecamatan di Kota Ambon ini dapat memberikan manfaat terhadap Pemkot bagi suksesnya penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah.

Untuk diketahui, selain sejumlah nama diatas, Sekretaris Kota Ambon, A.G.Latuheru, para asisten Setda Kota Ambon, pimpinan OPD Pemkot Ambon, para Dosen IPDN, serta Camat dan Lurah se-Kota Ambon, juga hadir pada acara tersebut. (MR-02/Diskominfo Amq)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed